Jazuli, Syukron (2018) Implementasi Kurikulum Muatan Lokal Berbasis Pesantren dalam Mencapai Visi Misi Madrasah Aliyah Bustanul Ulum Jayasakti Anak Tuha Lampung Tengah. Masters thesis, IAIN Metro.
|
PDF
Tesis Syukron Jazuli.pdf - Other Download (4MB) | Preview |
Abstract
Madrasah Aliyah sebagai sekolah umum yang berciri khas agama Islam dalam meningkatkan kualitas SDM-nya, baik iman dan taqwa maupun ilmu pengetahuan dan tekhnologi harus memiliki visi misi sehingga memiliki daya saing. Visi misi sama artinya dengan tujuan kelembagaan atau tujuan yang hendak dicapai. Hal ini tentu saja akan sangat mempengaruhi dalam pengembangan kurikulum. Sesuai dengan tujuannya yang menitikberatkan pada pendidikan keagamaan dan sejarahnya yang merupakan lanjutan dari sistem pesantren, Madrasah Aliyah berdasarkan kebijakan otonomi daerah dapat mengembangkan kurikulumnya dengan cara memasukkan muatan lokal berbasis pesantren dalam kurikulumnya supaya madrasah tidak kehilangan orientasi dan akar sejarahnya, sehingga akan tampak perbedaan antara madrasah dengan sekolah umum lainnya.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: 1) Implementasi kurikulum muatan lokal berbasis pesantren di Madrasah Aliyah Bustanul Ulum. 2) Faktor pendukung implementasi kurikulum muatan lokal berbasis pesantren. 3) Hambatan implementasi kurikulum muatan lokal berbasis pesantren. 4) Peran kurikulum muatan lokal berbasis pesantren dalam mencapai visi misi Madrasah Aliyah Bustanul Ulum.
Desain penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif lapangan yaitu bentuk penelitian yang ditunjukkan untuk mendeskripsikan fenomena yang ada. Dalam mengumpulkan data, penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Penjamin keabsahan data dengan menggunakan triangulasi. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan proses reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Implemantasi kurikulum muatan lokal berbasis pesantren di Madrasah Aliyah Bustanul Ulum meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi atau tindak lanjut. 2) Faktor pendukung: dukungan pihak Yayasan, lingkungan yang mendukung dan religius, tingginya minat orang tua untuk menyekolahkan anaknya ke madrasah, guru pengampu muatan lokal berbasis pesantren memiliki kompetensi dan keahlian yang mumpuni dan mayoritas siswa-siswi merupakan lulusan MTs Bustanul Ulum. 3) Faktor Penghambat: kurangnya kemampuan guru dalam menyusun perangkat pembelajaran, keterbatasan waktu dan banyaknya jumlah beban mata pelajaran mulok. 4) Kurikulum muatan lokal berbasis pesantren di Madrasah Aliyah Bustanul Ulum dengan segala bentuk kegiatannya baik intra, ekstra dan ko-kurikuler memiliki peranan yang sangat penting dalam membantu dan menopang kurikulum yang telah ditetapkan pemerintah dan Kementerian Agama untuk mencapai visi misi yang telah dirumuskan oleh pihak Madrasah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pascasarjana |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 18 Feb 2020 02:10 |
Last Modified: | 18 Feb 2020 02:13 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2630 |
Actions (login required)
View Item |