Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingginya Loyalitas Anggota pada Produk Pembiayaan Akad Murabahah di BMT Arsyada Metro

Sari, Rosita (2018) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingginya Loyalitas Anggota pada Produk Pembiayaan Akad Murabahah di BMT Arsyada Metro. Diploma thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
ROSITA SARI (NPM. 14123368).pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

BMT sebagai salah satu lembaga keuangan syari’ah yang merupakan lembaga pendukung kegiatan ekonomi masyarakat kecil bawah (golongan ekonomi mikro dan kecil)dan masyarakat menengah serta masyarakat atas dalam hal menghimpun dan menyalurkan dana masyarakat dengan berlandaskan sistem ekonomi berbasis Islam. Pemenuhan BMT adalah hal yang terpenting untuk diterapkan karena jasa yang sesuai dengan syariah pada BMT menambah kepercayaan masyarakat. Sehingga kepercayaan masyarakat dapat mempengaruhi persepsi masyarakat terhadap BMT. Faktor utamakonsemen mempertahankan hubungannya atau loyalitas pada BMT adalah kepatuhan dan ketertarikan pada BMT. Anggota memutuskan untuk tetap mempertahankan BMT berkaitan dengan masalah keimanan dan keyakinan terhadap pengharaman riba bagi umat Islam
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingginya loyalitas anggota pada produk pembiayaan akad murabahah di BMT Arsyada Metro. Manfaat penelitian ini secara teoritis, adalah menambah khazanah pengetahuan di bidang Perbankan Syariahdan secara praktis, adalah saran, informasi dan referensi bagi BMT untuk memberikan pelayanan yang baik agar anggota mempunyai loyalitas pada BMT Arsyada Metrokhususnya produk pembiayaan akad murabahah.
Metode Penelitian dalam tugas akhir ini bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data primer pada penelitian ini adalah Fuad Ashari selaku Manager BisnisBMT Arsyada Metrodan sumber data sekunder pada penelitian ini adalah buku-buku atau dokumen yang mendukung mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi tingginya loyalitas anggota pada produk pembiayaan akad murabahah.Pengumpulan dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas anggota dalam memilih pembiayaan murabahah di BMT Arsyada Metroadalah:1) kepercayaan anggota dalam memilih produk, 2) kepuasan anggota terhadap produk yang digunakan BMT Arsyada Metro, 3) pembiayaan murabahah yang bebas dari riba dan tidak berbelit-belit sehingga tidak menyusahkan anggota itu sendiri, 4) citra BMT Arsyada Metro yang baik, 5) kualitas layanan pembiayaan murabahah adalah tingkat keunggulan yang diterima oleh anggota BMT Arsyada Metro

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Tari Eka Miyanti
Date Deposited: 18 Feb 2020 08:02
Last Modified: 18 Feb 2020 08:02
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2652

Actions (login required)

View Item View Item