Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Cara Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMP N 3 Batanghari Tahun Peajaran 2016/2017

Desiana, . (2018) Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Cara Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMP N 3 Batanghari Tahun Peajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Usaha untuk mencapai hasil belajar yang optimal dipengaruhi oleh dua faktor yakni faktor internal dan faktor eksternal. Salah satu faktor eksternal yang harus diperhatikan yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa ialah cara mengajar guru. Cara mengajar yang digunakan guru akan menimbulkan persepsi dalam diri siswa. Persepsi yang muncul berbeda-beda, ada yang mempunyai persepsi positif maupun negatif. Jika persepsi siswa positif maka siswa akan merasa senang dalam mengikuti pelajaran yang akhirnya berdampak positif terhadap hasil belajar siswa, begitu juga sebaliknya jika persepsi siswa negatif maka hasil belajar siswa menjadi kurang optimal.

Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh persepsi siswa tentang cara mengajar guru terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMP Negeri 3 Batanghari Tahun Pelajaran 2016/2017. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh persepsi siswa tentang cara mengajar guru terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMP Negeri 3 Batanghari Tahun Pelajaran 2016/2017. Adapun hipotesis yang Penulis ajukan dalam penelitian ini yaitu ada pengaruh persepsi siswa tentang cara mengajar guru terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMP Negeri 3 Batanghari Tahun Pelajaran 2016/2017.
Penelitian yang peneliti lakukan adalah penelitian kuantitatif, populasinya berjumlah 129 peserta didik dengan sampel 26 peseta didik kelas VII dan teknik pengambilan sampelnya menggunakan Random Sampling.

Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket (kuesioner) dan dokumentasi. Angket Peneliti gunakan untuk memperoleh data tentang persepsi siswa tentang cara mengajar guru. Sedangkan dokumentasi untuk memperoleh data guru dan keadaan sekolah. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan rumus Chi Kuadrat, dan untuk mengetahui besarnya tingkat pengaruh persepsi siswa tentang cara mengajar guru terhadap hasil belajar yaitu menggunakan Koefisien Kontingensi.

Berdasarkan analisis data yang diperoleh menggunakan rumus chi kuadrat( menunjukan bahwa chi kuadrat ( = 16,62 lebih besar dari pada chi kuadrat ( ), pada taraf signifikan 5% yaitu 9,488. Dengan demikian berarti bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Sehingga dapat diketahui bahwa ada pengaruh persepsi siswa tentang cara mengajar guru terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMP Negeri 3 Batanghari Tahun Pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 19 Feb 2020 04:54
Last Modified: 19 Feb 2020 04:54
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2674

Actions (login required)

View Item View Item