Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Penerapan Metode Drill Pembelajaran Baca Tulis Al Qur’an (BTQ) Terhadap Kemampuan Membaca Al Qur’an Mahasiswa IAIN Metro Jurusan PAI Tahun Akademik 2017/2018

Nur Hidayati, Miftah (2018) Pengaruh Penerapan Metode Drill Pembelajaran Baca Tulis Al Qur’an (BTQ) Terhadap Kemampuan Membaca Al Qur’an Mahasiswa IAIN Metro Jurusan PAI Tahun Akademik 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam mempelajari Al-Qur’an terdapat tata cara dalam membaca Al-Qur’an, sehingga tidak jarang banyak orang yang kesulitan dalam membaca Al-Qur’an. Sebagai salah satu alternatif untuk dapat meningkatkan kemampuan membaca Al Qur’an mahasiswa yaitu menerapkan metode drill. Dengan menerapkan metode drill siswa diharapkan dapat memperoleh kecakapan melafalkan huruf-huruf hijaiyah sesuai makhraj, membentuk kebiasaan dan menambah ketepatan dalam membaca Al-Qur’an, karena dengan metode drill siswa akan berlatih berulang-ulang dalam membaca Al Qur’an dengan baik dan benar sesuai pentunjuk guru. Berdasarkan hal tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan penerapan metode drill pembelajaran baca tulis Al Qur’an (BTQ) terhadap kemampuan membaca Al Qur’an mahasiswa.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode drill pembelajaran baca tulis Al Qur’an (BTQ) terhadap kemampuan membaca Al Qur’an mahasiswa IAIN Metro Jurusan PAI Tahun 2018/2019. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu metode drill sedangkan variabel terikatnya yaitu kemampuan membaca Alqur’an mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan sifat dari penelitian ini adalah eksperimen. Desain eksperimen dalam penelitian ini yaitu Pre Experimental Design. Bentuk desain Pre Experimental dalam penelitian ini adalah One Group Pretest-Posttest Design Jumlah populasi penelitian yaitu 234 mahasiswa PAI semester II, dan yang menjadi sampelnya berjumlah 35 mahasiswa dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling untuk menentukan sampel penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan dokumentasi.

Hasil penelitian di IAIN Metro tengah di peroleh Perhitungan dengan menggunakan rumus T-Test menunjukkan bahwa THitung = 8,388 kemudian di konsultasikan dengan harga TTabel, pada taraf signifikan (5% dan 1 %) dengan db 34 yaitu : pada taraf signifikan 5% = 1,690 dan taraf signifikan 1% =2,441. Hal ini menunjukan bahwa THitung lebih tinggi dari TTabel atau dapat ditulis sebagai 1,690<8,388>2,441. Dengan demikian berarti bahwa Ha diterima dan H0 ditolak.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan metode drill pembelajaran baca tulis Al Qur’an (BTQ) terhadap kemampuan membaca Al Qur’an mahasiswa IAIN Metro Jurusan PAI Tahun 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 20 Feb 2020 03:40
Last Modified: 20 Feb 2020 03:40
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2693

Actions (login required)

View Item View Item