Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Model pembelajaran Two Stay Two Stray untuk meningkatkan hasil belajar IPS di siswa kelas V MIM Hadimulyo tahun pelajaran 2018/2019

Novitasari, Dewi (2019) Model pembelajaran Two Stay Two Stray untuk meningkatkan hasil belajar IPS di siswa kelas V MIM Hadimulyo tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 266.FTIK.2019.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Proses belajar mengajar merupakan hal yang sangat penting dalam pendidikan, yang dilakukan oleh guru dan siswa untuk menghasilkan sebuah perubahan tingkahlaku. Sehubungan dengan hal tersebut di atas, salah satu ukuran berhasil atau tidaknya proses belajar mengajar dapat dilihat dari hasil belajar yang diperoleh siswa setelah mengikuti model yang digunakan guru dalam proses pembelajaran. Banyak peserta didik yang pasif dalam proses pembelajaran hal itu terjadi karena guru kurang memberi ruang gerak bagi adanya aktivitas belajar siswa, sehingga hasil belajar siswa menjadi rendah dan banyak yang tidak mencapai KKM.

Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul penggunaan model Two Stay Two Stray untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS pada siswa kelas V MIM Hadimulyo sebanyak 23 siswa.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di MIM Hadimulyo Tahun Pelajaran 2018/2019 pada siswa kelas V. Penelitian ini dirancang dalam 2 siklus, yang tiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan. Tiap siklus terdiri dari: (1) Perencanaan, untuk merencanakan kegiatan pembelajaran serta menyiapkan instrumen penelitian, (2) Pelaksanaan, yaitu melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas dengan menggunakan model TSTS (Two Stray Two Stay) pada mata pelajaran IPS, (3) Pengamatan, yaitu pengumpulan data melalui lembar observasi dan tes hasil belajar, (4) Refleksi, yaitu menganalisis hasil pengamatan. Dan analisis data menggunakan rumus rata-rata.

Berdasarkan hasil analisis peneliti ditemukan sebagai berikut: model TSTS (Two Stay Stray Two) dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar IPS siswa kelas V MIM Hadimulyo. Terdapat hasil belajar siswa pada siklus I didapati nilai rata-rata siswa yaitu 89,13 dengan presentase ketuntasan mampu mencapai 100% setelah diadakan refleksi pada siklus I maka rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan nilai rata-rata yaitu 90,43 dengan presentase ketuntasan mampu mencapai 100%. Harapan penulis, penelitian ini nantinya dapat dijadikan acuan dan diterapkan pada kelas lain yang memerlukan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 29 Nov 2019 13:51
Last Modified: 29 Nov 2019 13:51
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/271

Actions (login required)

View Item View Item