Karimah, Imroatun (2018) Upaya Guru Akidah Akhlak dalam Membimbing Perilaku Keagamaan Siswa MTS Ma`Arif 1 Kecamatan Punggur Kabupaten Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SKRIPSI.pdf - Other Download (4MB) | Preview |
Abstract
Terbentuknyaperilaku keagamaan merupakan akibat stimulus keagamaan yang diterima individu, baik stimulus yang berupa pengetahuan, sikap maupun keterampilan dalam menjalankan aktivias keagamaan. Dalam hal ini guru dapat berperan dalam memberi pengetahuan, bimbingan dan praktik yang mendorong perilaku siswa agar terbiasa menjalankan ibadah dalam kehidupan sehari-hari. Perilaku keagamaan yang ditampilkan seseorang merupakan perwujudan penerimaan terhadap ajaran agama dan menjalaninya secara konsisten, dan berupaya meningkatkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Dalam penelitian ini peneliti mengajukan pertanyaan penelitian yaitu: “Bagaimana upaya Guru Akidah Akhlak dalam membimbing perilaku keagamaan siswa MTs Ma’arif 1 Punggur Lampung Tengah? tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya Guru Akidah Akhlak dalam membimbing perilaku keagamaan siswa MTs Ma’arif 1 Punggur Lampung Tengah. Desain penelitian menggunakan penelitian kualitatif lapangan(field research). Pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, observasi, analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif yang terdiri dari data reduction, data displaydan conclusion/verivicasion.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya Guru Akidah Akhlak dalam membimbing perilaku keagamaan siswa dilakukan dengan membimbing dan mengarahkan 5 (lima) dimensi keagamaan, yaitu dimensi keyakinan, praktik, pengalaman, pengetahuan dan konsekuensi. Upaya yang dilakukan agar siswa memiliki keyakinan yang kuat dengan menanamkan nilai-nilai akidah Islam melalui penyampaian materi dalam proses pembelajaran di sekolah. Dimensi praktik ditumbuhkan dengan pemberian motivasi, melalui kisah keteladanan dan menyampaikan ancaman dari Allah SWT bagi orang-orang yang melanggar perintah agama. Upaya menumbuhkan pengalaman keagamaanpada siswa dilakukan melalui kegiatan bersih-bersih setiap hari Jum’at, kerja bakti pada saat ada acara atau peringatan di sekolah, bertakziyah dan membantu meringankan kesulitan orang lain. Pengetahuan sebagai pembentuk perilaku keagamaan ditanamkan melalui penyampaian pokok-pokok ajaran Islam, seperti rukun iman, rukun Islam, dan materi yang berkaitan dengan akhlak. Upaya guru dalam menumbuhkan dimensi konskuensi perilaku keagamaan dengan mengingatkan dan membibing siswa untuk menjalankan ibadah, mengingatkan siswa untuk mempelaji kembali dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Saiful Manaf M.Pd.I |
Date Deposited: | 28 Feb 2020 00:37 |
Last Modified: | 28 Feb 2020 00:37 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2717 |
Actions (login required)
View Item |