Alfitaufiqoh, . (2018) Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Baca Tulis Qur’an Terhadap Hasil Belajar Bidang Studi PAI Siswa Kelas VIII di SMP Islamiyah Kec. Way Pengubuan Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SKRIPSI ALFITAUFIQOH.pdf - Other Download (6MB) | Preview |
Abstract
Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan suatu upayamenyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati, mengimani, bertakwa berakhlak mulia, mengamalkan ajaran agama Islam dari sumber utamanya kitab suci al-Qur‟an dan al-Hadits, malalui kegiatan bimbingan, pengajaran latihan, serta penggunaan pengalaman. Salah satu upaya yang dilakukanadalah adanya kegiatan ekstrakurikuler baca tulis Qur‟an yang sesuai atau serasi sehingga peserta didik merasa senang belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan mampu membangkitkan semangat belajar peserta didik untuk mencapai tujuan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) itu sendiri sehingga mendapatkan hasil belajar yang maksimal.
Adapun masalah yang penulis temukan melalui hasil pra survey yang dilakukan pada hari Kamis19 oktober2017 melalui wawancara dengan Bapak Rohmad S.Pd.I diperoleh bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII Di SMP Islamiyah masih terdapat beberapa siswa yang hasil ulangan nya berada dibawah KKMterutama terletak pada baca tulis Qur‟annya sehingga menyebabkan kesenjangan diantara peserta didik. Rumusan masalah yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah “Apakah Ada Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Baca Tulis Qur‟an Terhadap Hasil Belajar Bidang Studi PAI SMP Islamiyah Kecamatan WayPengubuan Lampung Tengah. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kegiatan ekstrakurikuler baca tulis Qur‟an terhadap hasil belajar bidang studi PAI.Dan untuk dugaan sementara atau hipotesis penulis menyatakan bahwa terdapat pengaruh kegiatan ekstrakurikuler baca tulis Qur‟an terhadap hasil belajar bidang studi PAI di SMP Islamiyah kecamatan way pengubuan lampung tengah.
Penelitian yang penulis lakukan merupakan penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan adalah angket dan tes. Hasil analis data penulis menggunakan Product Moment.Jadi dapat disimpulkan Hasil yang diperoleh adalah pada rtabel taraf signifikan 5% sebesar 0,433, sedangkan rhitung(rxy)yang diperoleh sebesar 0,68. Jadi, rhitung lebih besar dari pada rtabel sehingga diperoleh 0,68>0,433. Sedangkan hasil yang diperoleh pada ttabel taraf signifikan 5% sebesar 2,093.Sedangkan t hitungyang diperoleh sebesar4,042. Jadi t hitung lebih besar dari t tabelyakni 4,042>2,093.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Saiful Manaf M.Pd.I |
Date Deposited: | 28 Feb 2020 00:37 |
Last Modified: | 28 Feb 2020 00:37 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2719 |
Actions (login required)
View Item |