Sari, Indah Kurnia (2018) Studi Komparasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Antara Siswa Lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dengan Siswa Madrasah Tsanawiyah (MTS) Pada Sman 1 Sekampung Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SKRIPSI INDAH KURNIA SARI_NPM. 14114461.pdf - Other Download (7MB) | Preview |
Abstract
Proses pendidikan yang merupakan proses kegiatan belajar mengajar memerlukan perhatian yang serius. Dalam mencapai keberhasilan pendidikan banyak hal yang mempengaruhinya, termasuk latar belakang pendidikan.
Berdasarkan hasil pra survey di SMAN 1 Sekampung, perbedaan jumlah rata-rata hasil belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam antara siswa lulusanMTsdengan siswa lulusan SMP tidak jauh berbeda, namun jika dilihat secara pengamatan sikap dan kebiasaan siswa, siswalulusan SMP sudah mampu mengaplikasikan sikap yang baik dalm proses pembelajarannya, namun pada siswa lulusan MTs masih ada yang belum dapat mengaplikasikan sikap yang baik dalam proses pembelajarannya. Dengan demikian artinya ada kesenjangan antara kedualulusan tersebut. Dari permasalahan tersebut, dapat dirumuskan masalahnya yaitu “apakah ada perbedaan hasil belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam antara siswa lulusan Madrasah Tsanawiyah (MTs) dengan siswa lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada SMAN 1 Sekampung”, adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa SMAN 1 Sekampung pada mata pelajaran pendidikan agama Islam baik dari siswa lulusan MTs maupun siswa lulusan SMP, kemudian diketahui pula perbandingan antara keduanya, yang dimana yang menjadi populasi dalam penelitian ini yaitu 210 siswa, sampel siswa dari MTs 24 siswa dan siswa dari SMP 24 siswa.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode dokumentasi. Sementara itu dalam pengelolaan data digunakan metode statistik dengan rumus Uji t Fiser’s. Adapun hipotesis yang Penulis buat adalah “ada perbedaan hasil belajar antara siswa lulusan MTs dengan siswa lulusan SMP pada mata pelajaran pendidikan agama Islam pada SMAN 1 Sekampung tahun pelajaran 2017/2018”.
Setelah menganalisis data yang terkumpul tersebut didapatkan kesimpulan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa lulusan MTs dengan siswa lulusan SMP pada mata pelajaran pendidikan agama Islam pada SMAN1 Sekampung tahun pelajaran 2017/2018. Hal ini terbukti berdasarkan perhitungan bahwa harga thitung ≥ ttabel, dengan nilai thitung = 5,524 dan ttabel = 2,031. Dengan demikian maka Hₒ ditolak dan Hᵢyang Penulis ajukan dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Saiful Manaf M.Pd.I |
Date Deposited: | 28 Feb 2020 00:37 |
Last Modified: | 28 Feb 2020 00:37 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2720 |
Actions (login required)
View Item |