Hermansyah, Fendi (2018) Efektifitas Penerapan Metode An-Nahdliyah dalam Meningkatkan Kemapuan Membaca Al-Qur'an di Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) Nurul Iman Braja Luhur Kecamatan Braja Selebah Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
Skripsi Fendi Hermansyah.pdf - Other Download (6MB) | Preview |
Abstract
Al-Qur'an merupakan kitab suci yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW sebagai mu‟jizat dan salah satu rahmat yang tiada taranya bagi alam semesta. Allah SWT menurunkan Kitab-Nya yang kekal Al-Qur‟an agar dibaca oleh lidah-lidah manusia, didengarkan oleh telinga mereka, direnungi oleh akal mereka, dan menjadi ketenangan bagi hati mereka. Selain itu Al-Qur‟an juga merupakan petunjuk kepada jalan yang benar.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan metode An-Nahdliyah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an dan untuk mengetahui hambatan dalam penerapan metode An-Nahdliyah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an di TPQ Nurul Iman Braja Luhur.
Pertanyaan dalam penelitian ini adalah bagaimana efektivitas penerapan metode An-Nahdliyah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an di Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) Nurul Iman, dan Apa hambatan dalam penerapan metode An-Nahdliyah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an di Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) Nurul Iman?
Jenis penelitian yang peneliti lakukan adalah penelitian kualitatif lapangan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi yang diperoleh dari TPQ Nurul Iman Braja Luhur berkaitan dengan efektivitas penerapan metode An-Nahdliyah dalam meningkatkan membaca Al-Qur'an.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah TPQ Nurul Iman telah melaksanakan persiapan sebelum mengajar, yaitu ustadz TPQ Nurul Iman sebelum menjadi pengajar metode An-Nahdliyah sudah mengikuti penataran atau training, Ustadz telah mempelajari salah satu buku paket enam jilid yang akan diajarkan, sumber pengajaran juga sudah lengkap, latihan dan pengulangan yang dilakukan oleh ustadz sudah baik, penerapan metode An-Nahdliyah telah mengolaborasikan beberapa metode, yaitu metode demonstrasi, metode drill, metode tanya jawab dan metode ceramah. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode An-Nahdliyah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an di TPQ Nurul Iman berjalan dengan baik dan berlangsung efektif. Hambatan-hambatan yang dialami oleh TPQ Nurul Iman dalam penerapan metode An-Nadliyah adalah sebagai berikut: perbedaan individu dalam menangkap materi pembelajaran, selain itu adalah keaktifan santri yang masih rendah, disamping itu dukungan orang tua dari beberapa santri yang masih kurang dalam paritisipasi terutama dalam hal kewajiban orangtua untuk membayar Syahriyah atau SPP.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Tari Eka Miyanti |
Date Deposited: | 04 Mar 2020 07:36 |
Last Modified: | 04 Mar 2020 07:36 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2728 |
Actions (login required)
View Item |