Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peranan Guru Akidah Akhlak dalam Membina Kedisiplinan Siswa Melaksanakan Tata Tertib Sekolah pada Siswa Kelas VIII MTs PGRI 1 Labuhan Ratu Lampung Timur

Zainap, Siti (2018) Peranan Guru Akidah Akhlak dalam Membina Kedisiplinan Siswa Melaksanakan Tata Tertib Sekolah pada Siswa Kelas VIII MTs PGRI 1 Labuhan Ratu Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI SITI ZAINAP 1284681.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kedisiplinan adalah suatu sikap dan prilaku yang mencerminkan ketaatan terhadap peraturan, tata tertib, serta norma-norma yang berlaku baik yang tertulis maupun tidak tertulis. Dengan adanya kedisiplinan diharapkan peserta didik mendisiplinkan diri dalam menaati peraturan sekolah sehingga proses belajar mengajar berjalan dengan lancar dan memudahkan tujuan pencapaian pendidikan. Kedisiplinan berfungsi dalam mendukung proses kegiatan pendidikan agar berjalan lancar dan memberi pengaruh bagi terciptanya sekolah sebagai lingkungan pendidikan yang kondusif bagi kegiatan pembelajaran. Sikap disiplin juga dapat memberi dampak bagi pertumbuhan kepribadian yang baik. Sikap dan prilaku disiplin terbentuk melalui latihan. Demikian pula kepribadian yang tertib, terarur dan patuh perlu dilatih dan dibiasakan. Pembentukan pribadi yang disiplin perlu adanya pembinaan dari guru hal ini dilakukan agar peserta didik dapat menerapkan prilaku disiplin dalam kehidupanya sehari-hari atas dasar keinginanya sendiri tanpa adanya paksaan dari orang tua maupun guru.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru Akidah Akhlak dalam membina kedisiplinan siswa melaksanakan tata tertib sekolah pada siswa kelas VIII. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif lapangan, yang mengambil lokasi diMTs PGRI 1 Labuhan Ratu Lampung Timur. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan skunder. Metode pengumpulan data menggunakan tiga metode, yaitu metode wawancara (interview), observasi (pengamatan), dan dokumentasi kemudian dianalisis dengan cara berfikir induktif. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi. Teknik analisa data yaitu Reduksi, Penyajian datadan Penarikan kesimpulan.
Berdasarkan deskripsi data dari hasil surveyadapun peranan guru Akidah Akhlak dalam membina kedisiplinan siswa dalam melaksanakan tata tertib sekolah pada siswa kelas VIII di MTs PGRI 1 Labuhan Ratu Lampung Timur adalah guru memiliki peranan sebagai edukator yaitu guru melakukan pembinaan, sebagai motivator yaitu guru memotivasi siswa agar dapat berprilaku disiplin, sebagai pengelola kelas dan supervisor adapun upaya yang telah dilakukan oleh guru adalah dengan upaya keteladanan, melakukan pengawasan, memberikan motivasi, memberikan hukuman dan sanksi pada siswa yang tidak disiplin dalam melakukan pembinaan terdapat faktor yang mendukung dan faktor yang menjadi penghambat. Adapun faktor pendukung adalah sarana dan prasarana, kerjasama antar warga sekolah, kerja sama antar pihak sekolah dengan masyarakat sekitar. Adapun faktor penghambatnya adalah sarana prasarana, kurangnya tenaga pengajar, kurangnya dukungan orangtua dan masyarakat sekitar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tari Eka Miyanti
Date Deposited: 28 Feb 2020 00:37
Last Modified: 28 Feb 2020 00:37
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2730

Actions (login required)

View Item View Item