Putranto, Muhammad Arif (2018) Pendidikan Akhlak Melalui Manajemen Qolbu di Pondok Pesantren Wali Songo Desa Sukajadi Kecamatan Bumiratu Nuban Kabupaten Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SKRIPSI MUHAMMAD ARIF PUTRANTO_NPM. 1398991.pdf - Other Download (7MB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini mengkaji tentang Pendidikan Akhlak Melalui Manajemen Qolbu di Pondok Pesantren Wali Songo Desa Sukajadi Kecamatan Bumiratu Nuban Kabupaten Lampung Tengah. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui aplikasi pendidikan akhlakdi Pondok Pesantren Wali Songo, (2) untuk mengetahui faktor-faktor pendukung pendidikan akhlak melalui manajemen qolbudi Pondok Pesantren Wali Songo, dan (3) untuk mengetahui faktor-faktor penghambat pendidikanakhlak melalui manajemem qolbudi Pondok Pesantren Wali Songo.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data di dalam penelitian ini adalah terbagi atas dua yaitu data primer (data utama) dan data sukunder.Sumber data ditentukan dengan menggunakan teknik purposivesampling, dengan menunjuk langsung informan yang dapat memberikan informasi yang valid dan akurat menyangkut topik yang sedang diteliti. Sedangkan metode pengumpulan data atau instrumen penelitian menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi.
Setelah peneliti melakukan proses pengumpulan data, pengolahan, dan analisis data maka ditemukan beberapa hasil penelitian yaitu bahwa Pendidikan Akhlak Melalui Manajemen Qolbu di Pondok Pesantren Wali Songo Desa Sukajadi Kecamatan Bumiratu Nuban Kabupaten Lampung Tengah yaitu mengistilahkan dengan 7 B, diantaranya adalah: (1) Beribadah dengan benar, (2) Berakhlak mulia, (3) Belajar tiada henti, (4) Bekerja keras dengan cerdas dan ikhlas, (5) Bersahaja dalam hidup, (6) Bantu sesama, (7) Bersihkan hati selalu, selanjutnya, Faktor pendukungdan penghambat pendidikan akhlak melalui manajemen qolbu. Pendukung: Adanya kerjasama antara pihak madrasah dengan orang tua peserta didik, Peserta didik tinggal di lingkungan pesantren, Diadakannyabuku-buku paket di perpustakaan,Lingkungan Pondok Pesantren yang nyaman dan jauh dari keramaian. Penghambat: kurangnya pembina di pondok Pesantren Wali Songo,Kurangnya kesepahaman antara Pembina, Kurangnya sarana dan prasarana yang memadai.
Sedangkan implikasi dari hasil penelitian ini adalah mendorong para Pembina dan orang tua untuk lebih aktif dalam mendidik, mengasuh, dan mengawasi anak-anaknya terutama dalam mendidik atau menanamkan nilai-nilai agama/moral sejak anak usia dini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Tari Eka Miyanti |
Date Deposited: | 04 Mar 2020 03:39 |
Last Modified: | 04 Mar 2020 03:39 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2732 |
Actions (login required)
View Item |