Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Perilaku Konsumtif Ditinjau dari Prinsip Konsumsi Islam( Studi Kasus Masyarakat Muslim Desa Hargomulyo Kecamatan Sekampung Kabupaten Lampung Timur)

Oktavia, Rani (2018) Perilaku Konsumtif Ditinjau dari Prinsip Konsumsi Islam( Studi Kasus Masyarakat Muslim Desa Hargomulyo Kecamatan Sekampung Kabupaten Lampung Timur). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI RANI OKTAVIA.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Konsumsi adalah segala kegiatan atau tindakan menghabiskan atau mengurangi kegunaan (daya guna) barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan. Konsumsi yang pada mulanya untuk memenuhi kebutuhan dasar hidup, mulai beralih kepada upaya untuk memperbesar kepemilikan, persediaan barang dan jasa dan penumpukan kekayaan. Oleh sebab itu, timbulah perilaku konsumtif yang mendekati keserakahan dalam memiliki persediaan material. Konsumsi dalam ekonomi Islam, tidak hanya melihat dari segi pemanfaatannya saja, tetapi meliputi kehalalan zat yang dikonsumsi, cara memperoleh dan dampaknya terhadap kehidupan manusia. Apa penyebab masyarakat muslim di Desa Hargomulyo menjadi konsumtif.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa penyebab masyarakat di Desa Hargomulyo menjadi konsumtif dan bagaimana pemahaman masyarakat tentang prinsip konsumsi Islam. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah jenis penelitian lapangan bersifat kualitatif. Sumber data yang penulis gunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder, sumber data primer diperoleh dari mewawancarai tujuh Ibu rumah tangga yang ada di Desa Hargomulyo, dengan menggunakan sample aksidental. Sumber data sekunder diperoleh dari buku-buku, internet dan sumber lainnya. Teknik pengumpulan data penulis menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan metode deduktif.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab masyarakat di Desa Hargomulyo khususnya Ibu-ibu menjadi konsumtif dikarenakan faktor kepercayaan dan sikap terhadap iklan barang-barang baru dan tetangga kaya yang suka belanja. Pemahaman masyarakat tentang prinsip konsumsi dalam Islam juga belum semua memahami.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Saiful Manaf M.Pd.I
Date Deposited: 28 Feb 2020 00:38
Last Modified: 28 Feb 2020 00:38
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2735

Actions (login required)

View Item View Item