Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pembelajaran Kitab Waṣayadalam Pendidikan Akhlak Santri di Pondok Pesantren Daarul Ulya Iringmulyo Metro

Husnah, Dewi Aimatul (2019) Pembelajaran Kitab Waṣayadalam Pendidikan Akhlak Santri di Pondok Pesantren Daarul Ulya Iringmulyo Metro. Masters thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
TESIS DEWI AIMATUL HUSNAH NPM. 1706471 FIX.pdf - Other

Download (9MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran merupakan suatu rangkaian kegiatan yang di dalamnya melibatkan pesertadidik dan guru, sehingga akan terjadi transfer informasi atau ilmu dari guru kepada peserta didik dan begitu sebaliknya, informasi atau ilmu tersebut juga bisa didapatkan dari peserta didik. Dengan belajar peserta didik akan mendapatkan informasi yang belum diketahui, selain itu dengan belajar maka akan mengalami sebuah perubahan dan perkembangan keilmuan, peserta didik dan para pendidik. Pendidikan Nasional bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia beriman danbertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran kitab Waṣaya dalam pendidikan akhlak santri di Pondok Pesantren Daarul Ulya Iringmulyo Metro.
Kehidupan di pondok pesantren terdapat elemen-elemen yaitu ada Kiyai, santri, masjid dan juga pondok. Adapun sistem pembelajaran kitab Waṣaya yaitu dengan menggunakan(1). Metode Sorogan(2). Metode Wetonan, dan (3). Metode Bandongan,serta keteladanan yang diberikan ustadzanhnya ketika berada di dalam kelas dan juga diluar pembelajaran. Kemudianwaktu pembelajaran dilaksanakan setelah shalat isya’ pukul 20:00 WIB. Sedangkan implementasi akhlak santri dari pembelajaran kitab Waṣaya adalah terbentuknya akhlak dalam diri santri yang ditunjukkan oleh sikap terpuji santri kepada ustadz, pengurus dan kyai dengan bertutur kata lemah lembut, bersikap sopan dan menghargai satu sama lain, menaati peraturan, dan gotong royong.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang meneliti proses pembelajaran kitab Waṣaya dan implementasiannya. Adapun sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul dan dianalisis dengan cara reduksi data yaitu mengolah data mentah yang dikumpulkan dari hasil wawancara, dokumentasi dan observasi. Penyajian data yaitu, menyusun informasi secara baik dan akurat untuk memperoleh kesimpulan yang valid, Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Proses Pembelajaran Kitab Waṣaya dalam Pendidikan Akhlak Santri di Pondok Pesantren Daarul Ulya Iringmulyo Metroyaitu: diperoleh gambaran tentang akhlak santri yang diperoleh dari pembelajaran kitab Waṣaya, berdasarkan visi, misi, dari lembaga.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pascasarjana
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tari Eka Miyanti
Date Deposited: 28 Feb 2020 00:38
Last Modified: 28 Feb 2020 00:38
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2740

Actions (login required)

View Item View Item