Lestari, Siti (2018) Strategi Guru Al-Qur’an Hadits Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MA Muhammadiyah Purbolinggo Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SKRIPSI SITI LESTARI NPM. 1399631.pdf - Other Download (2MB) | Preview |
Abstract
Dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar banyak terjadi proses yang cukup kompleks, oleh karena itu agar pembelajaran dapat berjalan dengan baik, efektif, dan efisien serta dapat mencapai tujuan yang sesuai dengan yang diharapkan maka diperlukan adanya strategi pembelajaran yang baik. Dalam pendidikan, Al-Qur’an Hadits merupakan salah satu mata pelajaran Agama yang menjadi sumber hukum utama dalam Agama Islam. Maka penting bagi siswa untuk dapat menguasai mata pelajaran ini dengan semakasimal mungkin guna menciptakan generasi yang beriman, bertakwa kepada Allah SWT dan berakhlak mulia. Adapun permasalahanya adalah Guru Al-Qur’an Hadits sudah sudah cukup baik. Mulai dari persiapan yaitu pemberian motivasi oleh guru kepada siswa untuk membangkitkan semangat belajar, proses pembelajaran yang mengggunakan beberapa metode, sampai pada evaluasi akan tetapi masih ditemukannya hasil belajar siswa yang masih rendah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI MA Muhammadiyah Purbolinggo Lampung Timur Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif lapangan, yang mengambil lokasi di MA Muhammadiyah Purbolinggo Lampung Timur. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari data yang diperoleh serta terkumpul kemudian dianalisis dengan cara berfikir induktif. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang bertitik tolak dari pendekatan fenomenologi.
Berdasarkan deskripsi data dan penyajian data dari hasil survey dan wawancara, bahwa strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan Hasil belajar siswa kelas XI MA Muhammadiyah Purbolinggo Lampung Timur adalah strategi pembelajaran Ekspository Learning.
Berdasarkan analisis data di atas dapat disimpulkan dan dipahami bahwa strategi guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI MA Muhammadiyah Purbolinggo Lampung Timur sudah bisa dikatakan baik. Dalam pembelajaran guru menggunakan strategi ekspository learning Dengan mengkombinasikan metode ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas. Pemberian tugas diberikan guru berupa soal-soal (pekerjaan rumah) yang dikerjakan secara individual atau kelompok.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 21 Feb 2020 03:59 |
Last Modified: | 21 Feb 2020 03:59 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2741 |
Actions (login required)
View Item |