Nurdiana, Eka (2018) Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Siswa MTs Nurul Iman Sekincau Kec.Sekincau Kab.Lampung Barat Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SKRIPSI OKEE.pdf - Other Download (8MB) | Preview |
Abstract
Reward merupakan suatu perangsang, situasi, atau pernyataan lisan yang bisa menghasilkan kepuasan, menambah kemungkinan suatu perbuatan yang di pelajari. Peranan reward dalam proses pengajaran cukup penting karena dapat menimbulkan motivasi belajar siswa dan dapat mempengaruhi perilaku positif dalam perilaku siswa.Reward dapat menimbulkan motivasi belajar siswa dan dapat mempengaruhi perilaku positif. reward juga bertujuan agar seseorang menjadi giat lagi usahanya untuk memperbaiki atau meningkatkan hasil belajar siswa.
Tinggi rendahnya hasil belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik faktor dalam diri siswa maupun dari luar siswa. Sekolah merupakan salah satu faktor eksternal, dimana sekolah merupakan lembaga pendidikan formal pertama yang pentingdalam menentukan keberhasilan belajar siswa.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh pemberian reward terhadap hasil belajar mata pelajaran fiqih siswa MTS Nurul Iman Tahun Pelajarn 2017/2018” ? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pemberian reward terhadap hasil belajar mata pelajaran fiqih siswa MTS Nurul Iman Tahun Pelajarn 2017/2018.
Hipotsis yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah “Ada pengaruh antara pemberian reward terhadap hasil belajar fiqih siswa MTS Nurul Iman Tahun Pelajarn 2017/2018. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini yaitu 80 siswa, sedangkan disini penulis mengambil sampel sebanyak 62 siswa. Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode agket.
Teknik analisis data statistik yang penulis gunakan untuk menganalisis data yang terkumpul dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus Chi Kuadrat (X2), dapat diperoleh hasil bahwa harga Chi Kuadrat hitung (X2h) = 32.953 adalah lebih besar dengan harga Chi Kuadrat tabel (X2t) pada signifikan 5% (9,488) dan pada taraf signifikan 5% (0,589). dengan demikian, hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Maka kesimpulannya adalah ada pengaruh pemberian reward terhadap hasil belajar fiqih siswa MTS Nurul Iman Tahun Pelajarn 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 21 Feb 2020 04:00 |
Last Modified: | 21 Feb 2020 04:00 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2744 |
Actions (login required)
View Item |