Masjidah, . (2017) Implementasi Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Perkembangan Moral Siswa di SD Negeri I Yukum Jaya Kabupaten Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
combinepdf.pdf - Other Download (5MB) | Preview |
Abstract
Pembealajaran Kurikulum 2013 merupakan komitmen pemerintah dalam rangka usaha meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia mendapatkan respon pro dan kontra dari berbagai kalangan akademik. Upaya pelaksanaan Kurikulum 2013 yang diberlakukan pada tahun ajaran 2013-2014 menimbulkan banyak kendala. Banyak para pendidik yang merasa bingung dengan kebijakan dari pemerintah yang baru ini, termasuk guru PAI. Dan sebagai seorang Pendidik mereka dituntut untuk memperbaiki dan menanamkan moral –moral keagamaan kepada peserta didik agar menjadi manusia yang berakhlakul karimah. Berpijak dari itulah peneliti melakukan penelitian di SD Negeri I Yukum Jaya dengan judul “Implementasi Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Perkembangan Moral Siswa di SDNegeri I Yukum Jaya Kabupaten Lampung Tengah”
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui implementasi kurikulum 2013 mata Pelajaran PAI di SD Negeri I Yukumjaya, 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat kurikulum 2013 pada mata Pelajaran PAI, 3) Untuk mengetahui konsep dan model yang dilakukan oleh pendidik dalam pengembangan moral peserta didik.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan mengambil latar guru Pendidikan Agama Islam kelas V & VI. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui: (1) wawancara (interview), (2) pengamatn (observasi),dan (3) Dokumentasi. Selanjutnya analisia data dilakukan dengan: (1) Analisa selama pengumpulan data yakni secara induktif dengan menggunakan analisa deskriptif, (2) teknik keabsahan data dengan menggunakan trianggulasi sumber data.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Implementasi Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran PAI di SD Negeri I Yukum Jaya diperoleh bahwa secara umum sudah berjalan dengan baik mulai tahap persiapan sampai tahap evaluasi. Sedangkan factor pendukung dalam implemetasi kurikulum 2013 adalah (1) Adanya dukungan Dinas Pendidikan dan sekolah dalam memfasilitasi berjalannya kurikulum 2013. (2) Motivasi dan Keikutsertaan guru dalam memperluas informasi terkait kurikulum 2013. Dan problem yang dialami yaitu berasal dari sumber belajar, sarana prasarana dan guru. Sedangkan dalam perkembangan moral yang dilakukan oleh pendidik kepada peserta didik dilakukang melalui berberapa proses yaitu pengenalan, percontohan, pembiasaan, dan pemberian hadiah dan hukuman.Model perkembangan moral keagamaan anak yang dilakukan pendidik di SD Negeri I Yukum Jaya yaitu menggunakan metode pembiasaan,keteladanan, kisah, nasehat, pemberian hadiah dan hukum.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pascasarjana |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Saiful Manaf M.Pd.I |
Date Deposited: | 05 Mar 2020 08:13 |
Last Modified: | 05 Mar 2020 08:13 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2764 |
Actions (login required)
View Item |