Suparman, . (2018) Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak dan Pendidikan Kewarganegaraan dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di MTS Nurul Huda Sukoharjo Kabupaten Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
Tesis IAIN Metro.pdf - Other Download (2MB) | Preview |
Abstract
Pelaksanaan pendidikan dipengaruhi oleh lingkungan masyarakat.pembelajaran akidah akhlakyangberfungsiuntukmempersiapkanpesertadidikagarmenjadianggotamasyarakatyangmemahamidan mengamalkannilai-nilaiajaran agama di madrasah,keluarga, masyarakat. Pendidikan kewarganegaraanmerupakan pendidikan yangberfungsiuntukmemfokuskanpada pembentukanwarga negarayangmemahamimelaksanakanhak-hakdankewajibannya untukmenjadiwarga negara Indonesiayang cerdas,terampil,danberkarakter.
Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikan:1) ImplementasiPembelajaran akidah akhlak dan Pendidikan Kewarganegaraan dalamPembentukan karakter peserta didik di MTs Nurul Huda Sukoharjo. 2faktorpenghambat implementasi pembelajaran akidah akhlak dan PendidikanKewarganegaraan dalam pembentukan karakter peserta didik di MTs Nurul HudaSukoharjo. 3). Upaya mengatasi hambatan implementasi pembelajaran akidahakhlak dan Pendidikan Kewarganegaraan dalam pembentukan karakter pesertadidik di MTs Nurul Huda Sukoharjo.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitupenelitian yang dilakukan disuatu tempat dipilih sebagai lokasi dan objektifpenelitian. Sifat penelitian ini adalah deskriptif, yaitu penelitian yang berusahamengungkap keadaan yang terjadi di lapangan secara alamiah. Sumber data utamapenelitian kualitatif ialah narasi dan tindakan. Informan adalah orang sepertikepala madrasah dan guru yang faham dan dapat memberikan informasi tentangpenelitian. Teknikpengumpulandatanya observasi, wawancara dan dokumentasi.Pengujian keabsahan data dengan triangulasi. Sedangkan analisis data denganreduksi data, penyajian datapenarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian yangtelahdilakukan adalah: 1)PenyusunanRencanaPelaksanaanPembelajaranakidah akhlak dan Pendidikan Kewarganegaraandalampembentukan karakter peserta didikterintegrasi dalam akidah akhlak danpendidikan kewarganegaraanpada umumnya, pelaksaanaanpembelajaranakidahakhlak dan pendidikan kewarganegaraanmampumendorong terjadinyapembentukan karakter peserta didikyang dilakukanoleh guru akidah akhlak danPendidikan Kewarganegaraan. 2)Hambatanyangditemuidalam pembentukankarakter peserta didik yaitu muatan materiyang terkesanbegitubanyaksehinggamembebanipeserta didik.Keterbatasan waktudalam pembelajaran.3)Upayaatausolusiyangdilakukanoleh guru akidah akhlak dan pendidikankewarganegaraan dalam menghadapi hambatanmelalui berbagaicerita,game,melakukan pembelajaran, kepraktisanpeserta didik dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pascasarjana |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Saiful Manaf M.Pd.I |
Date Deposited: | 04 Mar 2020 08:12 |
Last Modified: | 04 Mar 2020 08:12 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2766 |
Actions (login required)
View Item |