Muaripah, Siti (2019) Etika Pendidikan Islam (Studi Etika Peserta Didik Terhadap Guru PAI Kelas VIII dI SMP N 2 Natar Lampung Selatan). Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SKRIPSI SITI MUARIPAH NPM. 14115531.pdf - Other Download (3MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan merupakan lembaga utama yang memainkan peranan penting dalam membangun dan menumbuh kembangkan peradaban. Karakteristik pendidikan Islam meliputi beberapa hal, antara lain, prinsip atau dasar filosofi bangunan pemikiran pendidikan islam, isi atau materi, pandangan mengenai sumber ilmu, dan tujuannya. Dalam proses pendidikan komunikasi antara guru dengan siswa harus ada etika dalam berkomunikasi,etika atau etik sebagai pandangan manusia dalam berperilaku menurut ukuran dan nilai yang baik.Etika dalam ajaran Islam menjadi penting melihat sekarang ini kebanyakan etika hanya pada ranah sopan santun dan tata tertib sekolah, seharusnya lebih dari itu etika terhadap guru merupakan suatu keharusan karena sebagai seorang murid ketika ingin mendapatkan ilmu yang berkah manfaat harus mendapatkan kerelaan dan keikhlasan dari seorang guru dalam mentransfer ilmu-ilmu pengetahuan baik itu ilmu alam dan akhirat dalam proses pembelajaran. Hal tersebut yang menjadi alasan penulis untuk melakukann penelitianini. Dengan pertanyaan penelitian yang akan penulis bahas sebagai berikut: bagaimana etika peserta didik terhadap guru PAI kelas VIII di SMP N 2 Natar Lampung Selatan?
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui etika peserta didik terhadap guru PAI kelas VIII SMP N 2 Natar Lampung Selatan. Subjek penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam kelas VIII, wakil kepala kesiswaan dan peserta didik. Jenis dan sifat penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif lapangan. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik penjamin keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan teriangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukan bahwa etika pendidikan Islam dalam etika murid terhadap guru di SMP N 2 Natar Lampung Selatan dapat dikatakan sudah cukup baik, hal ini terlihat dari peserta didik yang menghormati dan menghargai guru, bertutur kata dengan sopan, dan peserta didik sudah mau bersalaman dan berjabat tangan ketika bertemu guru. Kendala dari penerapan etika murid terhadap guru tersebut terlihat dari faktor lingkungan pergaulan, sehingga pergaulan mempengaruhi perilaku semua peserta didik. Memang tidak semua peserta didik beretika dengan sopan, baik dan benar, akan tetapi peserta didik sudah berusaha sebaik mungkin dalam pelaksanaan etika tersebut, dan guru juga sudah berusaha menjadikan dirinya sebagai suri tauladan bagi peserta didik, membimbing dan mengarahkan peserta didik untuk menjadi insan yang berakhlaqul karimah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Saiful Manaf M.Pd.I |
Date Deposited: | 03 Mar 2020 02:49 |
Last Modified: | 03 Mar 2020 02:49 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2773 |
Actions (login required)
View Item |