Sari, Fitriana Anjar (2018) Strategi Pemasaran Produk Tabungan Faedah Di PT. Bri Syariah Kantor Cabang Bandar Lampung. Diploma thesis, IAIN Metro.
|
PDF
FITRIANA ANJAR SARI (1502080017).pdf - Other Download (3MB) | Preview |
Abstract
Bank adalah sebuah lembaga intermediasi keuangan, yaitu menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkan kembali dana-dana tersebut kepada masyarakat yang membutuhkannya dalam bentuk fasilitas pembiayaan.Didirikannya Bank Syariah dilatar belakangi oleh keinginan umat Islam untuk menghindari riba dalam kegiatan muamalahnya agar memperoleh kesejahteraan lahir batin melalui kegiatan muamalah yang sesuai dengan prinsip Agama.Saat ini Lembaga Keuangan Syariah (LKS), baik perbankan maupun non bank telah berkembang sangat pesat dengan persaingan semakin tinggi dalam hal pemasaran produk. Karena banyak Bank Syariah maupun Lembaga Keuangan Syariah non Bank yang menawarkan berbagai macam produk yang memiliki keunggulannya masing-masing.Oleh karena itu, setiap Lembaga Keuangan Syariah dituntut untuk lebih kreatif, inovatif dan tentunya membutuhkan strategi pemasaran yang efektif. PT. BRISyariah Kantor Cabang Bandar Lampung merupakan salah satu Lembaga Keuangan Syariah yang menawarkan produk tabungan, salah satunya yaitu Tabungan Faedah.
Penelitian ini merupakan penlitiankualitatif dengan melakukan analisis data secara deskriptif, bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan strategi pemasaran produk Tabungan Faedah di PT. BRISyariah Kantor CabangBandar Lampung. Sumber data penelitian ini diperolehdari sumber data primer dan sekunder dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yakni analisis data kualitatif, karena data yang didapat berupa uraian-uraian atau keterangan-keterangan yang didapat dari kegiatan wawancara. Analisis data tersebut menggunakan cara berfikir induktif dimana berfikir induktif yaitu bermula dari fakta-fakta yang khusus dan peristiwa-peristiwa yang konkrit. Cara berfikir induktif ini penulis dapat menggunakan fakta-fakta dan data-data yang konkrit dari wawancara dengan Pimpinan Cabang, ManagerOperasional, Customer Service(CS), Account Officer(AO) dan Account Officer Mikro (AOM) PT. BRISyaria KC Bandar Lampung Kedaton.
Hasil dari penelitian yang peneliti lakukan diketahui bahwa strategi pemasaran yang diterapkan PT. BRI Syariah Kantor CabangBandar Lampung terhadap produk Tabungan Faedah, yaitu diimplementasikan menggunakan analisis 7P, place (tempat), product (produk), price (harga), promotion (promosi), people (partisipan), process (proses), dan physical evidence (lingkungan fisik). Pemasara produk Tabungan Faedah juga dilakukan melalui Account Officer (AO)dan Account Officer Mikro (AOM)
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Saiful Manaf M.Pd.I |
Date Deposited: | 03 Mar 2020 02:49 |
Last Modified: | 03 Mar 2020 02:49 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2775 |
Actions (login required)
View Item |