Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Persepsi Siswa tentang Kompetensi Kepribadian dan Sosial Guru terhadap Motivasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 4 Gunung Sugih Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018

Sirman, . (2018) Pengaruh Persepsi Siswa tentang Kompetensi Kepribadian dan Sosial Guru terhadap Motivasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 4 Gunung Sugih Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. Masters thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
TESIS BAPAK SIRMAN.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan (1) apakah ada pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian guru terhadap motivasi belajar mata pelajaran pendidikan agama Islamsiswa SMPN 4 Gunung Sugih(2) apakah adapengaruh persepsi siswa tentang kompetensi sosialguru terhadap motivasi belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam siswa SMPN 4 Gunung Sugih(3) apakah ada pengaruh antara persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial guru secara bersama-sama terhadap motivasi belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam siswa SMPN 4 Gunung Sugih Lampung Tengah Tahun pelajaran 2017/2018.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif survey, dengan subyek penelitian sebanyak 60responden siswa kelas VII, VIII dan IX SMPN 4 Gunung Sugih Lampung Tengah, menggunakan teknik Random Sampling. Adapun untuk pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode analisis statistik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positifdan signifikan persepsi siswa tentang kompetensi Kepribadian guru (Xı) terhadap motivasi belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam siswa SMPN 4 Gunung Sugih Lampung Tengah yang dibuktikan dengan taraf signifikansi 5% df 58 di peroleh rhitung = 6,203>rtabel=1.672. Terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel persepsi siswa tentang kompetensi sosial guru (X2) terhadap motivasi belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam siswaSMPN 4 Gunung Sugih Lampung Tengah yang dibuktikan dengan taraf signifikansi 5% df 58 di peroleh rhitung = 6,375>r tabel= 1.672. Terdapat pengaruh secara bersama-sama antara variabel persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian (Xı) dan kompetensi sosial guru (X2) terhadap motivasi belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam siswa SMPN 4 Gunung Sugih Lampung Tengah yang dibuktikan dengan taraf signifikansi 5% dengan harga r tabel dengan dk pembilang = k dan dk penyebut = (n-k-1). Jadi dk pembilang = 2 dan dk penyebut = 60–2 –1 = 57. Dengan taraf kesalahan 5% dan 1%, harga r tabel(0,05;2,57) = 3,16 maka r hitung=5,276> dari r tabel= 3,16.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pascasarjana
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tari Eka Miyanti
Date Deposited: 06 Mar 2020 05:05
Last Modified: 06 Mar 2020 05:05
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2780

Actions (login required)

View Item View Item