Nurlaila, Rizka (2017) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Pembelajaran Model Buzz Group pada Mata Pelajaran IPS Kelas V MI Islamiyah Sumberrejo Batanghari Lampung Timur Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SKRIPSI.pdf - Other Download (8MB) | Preview |
Abstract
Rendahnya hasil belajar dapat di sebabkan oleh beberapa masalah yang sering muncul dari kegiatan pembelajaran dikelas. Rendahnya hasil belajar pada pelajaran IPS di tandai dengan tidak tuntasnya nilai ulangan harian dibawah KKM yaitu 73% atau 8 dari 11 siswa yang belum tuntas. Mediapembelajaran yang di gunakan oleh guru hanya sebatas buku cetak saja, hal ini juga mengakibatkan kurang semangatnya atau partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran dan kebanyakan siswacenderung pasif dan hanya sebagian kecil siswa yang aktif dalam kegiatan pembelajaran.
Berdasarkan identifikasi masalah diatas maka dalam penelitian ini dapat dirumuskan masalahnya sebagai berikut “Apakah penerapan model diskusi Buzz groupdapat meningkatkan hasil belajar siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V MI Islamiyah SumberrejoTahun Pelajaran.2017/2018” tujuan dari penelitian ini yaitu memberi arahan yang jelas berdasarkan rumusan masalah dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Buzz Groupdalam memperbaiki pembelajaran IPS kelas V di MI Islamiyah Sumberrejo.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPS dengan menggunakan metode diskusi jenis Buzz Group. Peneliti bertindak sebagai guru dan mitra kolaborasi sebagai observer yaitu guru mata pelajaran IPS. Pembelajaran di lakukan dengan 2 siklus selama4 kali pertemuan setiap siklus memiliki tahapan yaitu: perencanaan tindakan,pelaksanaan tindakan, observasi (pengamatan) dan refleksi. Alat pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi untuk mengamati aktivitas belajar siswa, observasi aktivitasguru, tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, dan dokumentasi.
Hasil belajar belajar siswa pada siklus I meningkat yaitu sebanyak 5 siswa memenuhi KKM dengan nilai tertinggi 80, tes di lanjutkan kembali pada siklus II dengan sedikit perbaikandi dapat kembali hasil belajar siswa pada siklus II meningkat,sebanyak 9 siswa memenuhi KKM dengan nilai tertinggi 95. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dipaparkan, maka dapat disimpulkan sebagai berikut; Penggunaan model Buzz Group dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas V. Dengan nilai ketuntasan pada siklus I sebesar 45,45% dan pada siklus II sebesar 81%.Jadi dari siklus I ke siklus II hasil belajar siswa meningkat 36,36%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Tari Eka Miyanti |
Date Deposited: | 05 Mar 2020 01:25 |
Last Modified: | 05 Mar 2020 01:25 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2781 |
Actions (login required)
View Item |