Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penerapan Nilai-Nilai Islam Pada Hotel Berbasis Syariah dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus diHotel Syariah Grand S’kuntum Kota Metro)

Almas, Nadia (2019) Penerapan Nilai-Nilai Islam Pada Hotel Berbasis Syariah dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus diHotel Syariah Grand S’kuntum Kota Metro). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI NADIA ALMAS.pdf - Other

Download (5MB) | Preview

Abstract

Bisnis pariwisata syariah terutama hotel syariah menjadi salah satu sektor bisnis yang menawarkan keuntungan yang menggiurkan. Dimana semua masyaraka modern yang pergi keluar kotadengan urusan pekerjaan atau sekedar berlibur sangat memerlukan jasa penginapan atau hotel. Salah satu bentuk perhatian pemeritah terhadap perkembangan bisnis syariah terutama hotel syariah ditunjukan dengan adanya peraturan Menteri Pariwisata dan EkonomiKreatif no. 2 tahun 2014, tentang pedoman penyelenggaraan usaha Hotel Syariah yang menjadi landasan bagi para pengusaha pariwisata syariah untuk mendirikan usaha hotel yang menerakan prinsip-perinsip syariah dalam aspek produk, pelayanan, dan pengelolaan.

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimanapenerapan nilai-nilai Islampada Hotelberbasis syariah dan pengaruhnya terhadap loyalitas konsumen di Hotel syariah Grand S’kuntum Kota Metro. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatifdan jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi.Analisis data dilakukan dengan cara berfikir induktif.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan Nilai-Nilai Islamdapat memberikan pengaruh terhadap loyalitas konsumen dengan diterapkanya pelayanan Islami memberikan rasa kepuasan bagi konsumen sehinga konsumen menjadi loyal.Menerapkan operasional Hotel berbasis syariah dan pelayanan Islampada konsumen memberikan keuntungan baik dari segi financial maupun nama baik citra Hotel. Penerapan nilai Islamdimulai dari produk, pelayanan dan pengelolaaan, fasilitas yang ada di hotel grand S’kuntum juga sangat memadai dan jauh dari kemaksiatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 03 Mar 2020 05:01
Last Modified: 03 Mar 2020 05:01
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2804

Actions (login required)

View Item View Item