Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Hubungan Antara Motivasi Dengan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa SDN 21 Negeri Katon Kecamatan Negeri Katon Kabupaten Pesawaran

Febrianingsih, Eka (2018) Hubungan Antara Motivasi Dengan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa SDN 21 Negeri Katon Kecamatan Negeri Katon Kabupaten Pesawaran. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
EKA FEBRIANINGSIH (NPM. 14120085).pdf - Other

Download (7MB) | Preview

Abstract

Seorang pendidik mempunyai tugas yang sangat besar dan berat. Prosesbelajar mengajar, dibutuhkan seorang pendidik yang mampu mengarahkan anakdidik menjadi generasi yang kita harapkan sesuai dengan tujuan dan cita-citabangsa. Peranan seorang guru tidak hanya menyampaikan materi pelajaransemata, melainkan guru harus pandai dalam meningkatkan semangat/motivasisiswa dalam pengembangan kegiatan belajar. Mengingat seorang pendidik yangmemberikan materi langsung kepada siswa untuk keberhasilan dalam belajar yangberkualitas dan bermutu. Pembelajaran IPS pada kelas V SD mempunyai materiyang sangat luas, dan mengharuskan siswa untuk menghafal materi agar mudahdipahami, sehingga siswa Kelas V SD Negeri 21 Negeri Katon mempunyaitingkat motivasi yang berbeda yang berdampak pada pemerolehan hasil belajaryang berbeda pula. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu Apakah adahubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 21Negeri Katon? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yangsignifikan antara motivasi dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 21 NegeriKaton.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan datayang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan kuisioner (angket),dokumentasi dan wawancara. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswakelas V SD Negeri 21 Negeri Katon. Berdasarkan analisa data yang telah dilakukan dengan menggunakanrumus statistik (Product Moment) maka dapat diketahui harga Product Moment(rxy) hasil perhitungan 0,493 yakni lebih besar dari harga rt baik taraf signifikansi5%=0,361 maupun pada taraf signifikansi 1%= 0,463. Apakah ada korelasi antarvariabel X (Motivasi Belajar) dan variabel Y (Hasil Belajar IPS siswa Kelas V SDNegeri 21 Negeri Katon Kecamamatan Negeri Katon Kabupaten PesawaranTahun Pelajaran 2017/2018).

Setelah melakukan perhitungan terhadap data yang terkumpul, ternyata rxylebih besar dari rt, maka hipotesis yang peneliti ajukan diterima atau disetujui.Sebagai simpulan dan saran dari hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkanbahwa Ada Hubungan antar Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPS SiswaKelas V SD Negeri 21 Negeri Katon Kecamatan Negeri Katon KabupatenPesawaran Tahun Pelajaran 2017/2018 dan terdapat korelasi yang positif antarakedua variabel.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 03 Mar 2020 07:26
Last Modified: 03 Mar 2020 07:26
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2807

Actions (login required)

View Item View Item