Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Perilaku konsumen terhadap penggunaan fasilitas wi-fi perspektif ekonomi islam (Studi Kasus di Cafe Brown Coffee Metro)

Dewi, Reka Lusiana (2019) Perilaku konsumen terhadap penggunaan fasilitas wi-fi perspektif ekonomi islam (Studi Kasus di Cafe Brown Coffee Metro). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 049.FEBI.2019.pdf - Other

Download (8MB) | Preview

Abstract

Perilaku konsumen adalah perilaku yang ditampilkan oleh konsumen saat mereka mencari, membeli menggunakan, dan menghabiskan produk untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya. Dalam kegiatan mencari tentu bukan terbatas dalam mencari barang dan jasa yang dibutuhkan, melainkan juga mencari informasi yang terkait dengan barang dan jasa yang dibutuhkan dan diinginkan. Demikian jelas terlihat bahwa didalamnya termasuk hal-hal yang terkait dengan kualitas, harga, ukuran, cara mendapatkannya, cara penggunaannya dan sebagainya. Saat ini banyak konsumen yang mencari kemudahan dalam mencari informasi. Salah satu kemudahan untuk mengakses informasi adalah adanya layanan Wi-Fi. Konsumen saat ini banyak yang mencari dan memilih cafe-cafe yang menyediakan fasilitas Wi-Fi gratis dengan koneksi jaringan yang kuat. Tanpa memperdulikan nilai manfaat dan mengutamakan kesenangan sesaat. Sehubung dengan hal tersebut peneliti memilih cafe Brown Coffee Metro sebagai tempat penelitian.

Penelitian ini merupakan penelitian jenis lapangan dan bersifat deskriptif kalitatif. Penelitian ini digunakan taknik pengumpulan data wawancara sebagai metode utama dalam memperoleh keterangan-keterangan yang berhubungan dengan perilaku konsumen terhadap penggunaan fasilitas Wi-Fi di cafe Brown Coffee Metro perspektif ekonomi Islam. Selain itu digunakan dokumentasi sebagai pelengkap untuk memperoleh data tambahan. Data yang telah terkumpul tersebut kemudian dianalisis secara induktif.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwasannya perilaku konsumen yang menggunakan fasilitas Wi-Fi di Cafe Brown Coffee Metro banyak digunakan untuk kesenangan sesaat, yaitu bermain game online, membuka sosial media seperti Youtube, Instagram, Facebook, Twitter, whatsApp, dan lain sebagainya selama berjam-jam tanpa memikirkan manfaat dari penggunaan fasilitas Wi-Fi. Adapun perilaku konsumen yang menzalimi konsumen lain dengan melakukan kecurangan dalam menggunakan Wi-Fi untuk mendapatkan koneksi yang kuat. Perilaku konsumen tersebut merupakan perbuatan yang tidak diperbolehkan dalam Islam karena merugikan orang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 03 Dec 2019 01:17
Last Modified: 03 Dec 2019 01:17
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/281

Actions (login required)

View Item View Item