Hermawan, Adam (2017) Peranan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kinerja Guru di SD Negeri 2 Toto Mulyo, Kecamatan Way Bungur, Kabupaten Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
Skripsi Adam Hermawan.pdf - Other Download (5MB) | Preview |
Abstract
Upaya meningkatkan kinerja guru dipengaruhi oleh kepemimpinan kepala sekolah dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pemimpin di sekolah. Kepala sekolah bertanggung jawab terhadap pengelolaan sumber daya sekolah, khususnya yang berkaitan dengan sumber daya manusia seperti tenaga kependidikan. Dalam konteks ini, kepala sekolah dituntut mampu mengarahkan dan meningkatkan kinerja guru dalam mengajar, sehingga tujuan pendidikan di sekolah dapat tercapai.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru SD Negeri 2 Toto Mulyo, Kecamatan Way Bungur, Kabupaten Lampung Timur. Faktor penghambat peranan kepemimpinan kepala sekolah dalam peningkatankinerja guru SD Negeri 2 Toto Mulyo, Kecamatan Way Bungur, Kabupaten Lampung Timur. Dan faktor pendukung peranan kepemimpinan kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru SD Negeri 2 Toto Mulyo, Kecamatan Way Bungur, Kabupaten Lampung Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif lapangan. Alat pengumpul data menggunakan dokumentasi, wawancara dan observasi. Teknik penjamin keabsahan data menggunakan triangulasi.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui peranan kepemimpinan kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru SD Negeri 2 Toto Mulyo, Kecamatan Way Bungur, Kabupaten Lampung Timur dilakukan dalam bentuk menyikapi visi dan misi sekolah, petunjuk atau informasi mengenai tugas-tugas guru, pemberian semangat dan komitmen terhadap tugas guru, peningkatan profesionalisme guru, pengawasan dalam peningkatan kinerja guru. Guru SD Negeri 2 Toto Mulyo menunjukan kinerja yang baik dalam aspek perencanaan pembelajaran dan aspek pengelolaan kelas. Sedangkan dalam aspek penggunaan metode, media dan sumber belajar, kinerja guru dalam hal ini masih kurang, karena kurang kreatif dalam menggunakan metode dan media pembelajaran yang mendorong siswa belajar aktif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 04 Mar 2020 03:30 |
Last Modified: | 04 Mar 2020 03:30 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2818 |
Actions (login required)
View Item |