Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Dampak Target Lending Terhadap Kinerja Marketing (Studi Kasus Pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Metro Madani Kantor Cabang Tulang Bawang)

Riandika, Tri Yogi (2019) Dampak Target Lending Terhadap Kinerja Marketing (Studi Kasus Pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Metro Madani Kantor Cabang Tulang Bawang). Diploma thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
TRI YOGI RIANDIKA, 141274210, S1 Perbankan Syariah.pdf - Other

Download (791kB) | Preview

Abstract

Perkembangan perekonomian selalu di iringi dengan permintaan akankebutuhan pendanaan, Lembaga Keuangan Syariah (LKS) dalam hal ini banksyariah, memegang peranan penting dalam rangka memenuhi kebutuhanpendanaan. Bank syariah menjadi aktorpenting dalam mengawal potensiperkembangan perekonomian suatu wilayah.Lendingmerupakan bentuk nyatadari peranan bank syariah dalam memenuhi kebutuhan pendanaan, dalamaktivitasnya melakukan penyaluran dana ataulending,bank syariah menyususnsebuah rencana jangka pendek yakni Rencana Bisnis Bank (RBB) dimana salahsatu pembahasan di dalamnya berisi target besaran lending yang harus dicapai tiapperiodenya. Penetapan akan besaran target yang harus dicapai tiap periodenyaoleh bank syariah ini, berdampak terhadap kinerja marketing sebagai divisipelaksana aktivitaslending.Penelitian ini bertujuan mengkaji dampak yangdihasilkan atas penetapan targetlendingterhadap kinerja karyawan divisimarketing pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Metro Madani Kantor CabangTulang Bawang. Kajian dalam penelitian ini menggunakan metode penelitianjenis lapangan (field research) dengan sifat deskrptif kualitatif, kemudianpengumpulan datanya menggunakan metode wawancara dan observasi. Penelitianini menyimpulkan bahwatargetlendingyang ditetapkan oleh bank syariahberdampak positif dan juga negatif bagi kinerja marketing. Dengan ditargetkannyabesaranlendingyang harus dicapai tiap periodenya oleh divisi marketing,menanamkan rasa tanggung jawab karyawan akan pekerjaannya, selain itu insentifdari capaianlendingjuga mendorong marketing meningkatkan kinerjanya.Namun, disisi lain penetapan besaranlendingjuga menjadi beban tersendiri bagimarketing, dengan kondisi ekonomi daerah sekitar yang tidak menentu membuatmarketing kesulitan merealisasikan target yang ditetapkan, belum lagi persainganproduk dengan bank lain yang tentu menjadikan target lending semakin sulituntuk dicapai divisi marketing.

Kata Kunci:Lending, target, marketing, dampak, dan bank syariah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 05 Mar 2020 08:09
Last Modified: 05 Mar 2020 08:09
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2840

Actions (login required)

View Item View Item