Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Pendidikan Karakter Pada Santri Di Pondok Pesantren Darul A’mal Mulyojati 16B Metro Barat

Rahma, Febta Khoriatul (2018) Implementasi Pendidikan Karakter Pada Santri Di Pondok Pesantren Darul A’mal Mulyojati 16B Metro Barat. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI FEBTA KHORIATUL RAHMA NPM. 1398471.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan pesantren merupakan pendidikan yang berbeda dengan pendidikan yang lainya yang mempunyai ciri khusus yang unik dan menonjol, santri mempuyai hubungan yang erat dengan kyai, Hubungan tersebut dapat menumbuhkan sikap persaudaraan yang erat. Tata nilai pesantren ditanamkan pada diri santri agar terbiasa hidup sebagai tata tertib. Sehingga pesantren menjadi sebuah lembaga yang sangat efektif dalam pengembangan pendidikan karakter santri.Penerapan pendidikan karakter pada santri di Pondok Pesantren Darul A’mal menggunakan keteladan ustadz/ustadzah, pembiasaaan melalui jadwal kegiatan dan peraturan yang berlakudalam kehidupan sehari-hari. Pembelajarannya melalui kitab-kitab ahlak, seperti: kitab Aqidatul Awam, Bidayatul Hidayah, Ta’limul Muta’alim, Hikam dan Ihya’ Ulumiddin.

Pertanyaan penelitian pada skripsi ini adalah bagaimana implementasi nilai-nilai karakter dengan Tuhan dan diri sendiri pada santri di Pondok Pesantren Darul A’mal Mulyojati 16B Metro Barat?, metode apa saja yang digunakan untuk mengimplementasi nilai-nilai karakter dengan Tuhan dan diri sendiri pada santri di Pondok Pesantren Darul A’mal Mulyojati 16B Metro Barat?, faktor-faktor apakah yang mempengaruhi implementasi pendidikan karakter pada santri di Pondok Pesantren Darul A’mal Mulyojati 16B Metro Barat?.

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan implementasi nilai-nilai karakter dengan Tuhan dan diri sendiri pada santri di Pondok Pesantren Darul A’mal Mulyojati 16B Metro Barat, mendiskripsikan metode apa saja yang digunakan untuk mengimplementasi nilai-nilai karakter dengan Tuhan dan diri sendiri pada santri di Pondok Pesantren Darul A’mal Mulyojati 16B Metro Barat,mendiskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi impelementasi pendidikan karakter pada santri di Pondok Pesantren Darul A’mal Mulyojati 16B Metro Barat.

Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer danskunder, metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan menggunakan trianggulasi teknik dan trianggulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian dapat isimpulkan bahwa: 1) Implmentasinilai nilai karakterter hadap tuhan yaitu karakter iman dan taqwa serta ikhlas, karakter terhadap diri sendiri yaitu karakter disiplin dan sabar. 2) metode yang digunakan dalam implementasi nilai-nilai karakter ketuhanan dan diri sendiri adalah metode dengan keteladanan, pembiasaan dan pemberian nasehat/arahan. 3) faktor-faktor yang mempengaruhi pendidikan karakter yaitu faktor intern: insting/naluri dan kebiasaan, sedangkan faktor ekstren: pendidikan dan lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 05 Mar 2020 02:15
Last Modified: 05 Mar 2020 02:15
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2843

Actions (login required)

View Item View Item