Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Akhlak Siswa SMP Islam Tias Bangun Pubian Lampung Tengah

Ngalim, Akhmad (2018) Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Akhlak Siswa SMP Islam Tias Bangun Pubian Lampung Tengah. Masters thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
TESIS 2.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah banyaknya siswa yang mengalami penurunan akhlak yang dipengaruhi oleh arus modernisasi , sehingga diperlukan guru Pendidikan Agama Islam yang Profesional dalam memberikan pembelajaran kepada siswa sehingga mampu untuk menekan tingkat kemerosotan akhlak siswa.
Penelitian ini membahas pembinaan akhlakyang dilakukanoleh guru Pendidikan Agama Islamdi SMP Islam Tias Bangun tahun. Fokus Penelitian yang akan dikaji adalah: Usaha-usaha guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan akhlak di SMP Islam Tias Bangun; Metode apa saja yang digunakan guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan akhlak di SMP Islam Tias Bangun tahun;Faktor apa saja yang mendukungGuru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan akhlak di SMP Islam Tias Bangun tahun; Faktor apa saja yang menghambat Guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan akhlak di SMP Islam Tias Bangun.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, maka kehadiran peneliti di lapangan sangat penting. Peneliti bertindak langsung sebagai instrument dan sebagai pengumpul data hasil observasi yang mendalam serta terlibat aktif dalam penelitian. Data yang berbentuk kata-kata diperoleh dari para informan, sedangkan data tambahan berupa dokumen. Analisa data dilakukan dengan cara menelaah data yang ada, lalu melakukan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan dan tahap akhir dari analisa data ini mengadakan keabsahan data dengan menggunakan ketekunan pengamatan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Usaha-usaha yang dilakukan yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islamdi SMP Islam Tias Bangun tahun dilaksanakan secara intensif setiap hari dan setiap minggunya, sepertiupayaSholat Dhuhur Berjama’ah, SPQ (Sekolah Pendidikan Al-Qur’an), Mujahadah, Metode Pembinaan akhlak siswa yang dilakukan guruyaitu ceramah, pembiasaan, konseling dan hukuman, Faktor yang mendukung dalam pembinaan akhlak: a.Faktor keluarga ataupun orang tua yang sangat berperan aktif ikut membina akhlak siswa. b.Lingkungan atau masyarakat sekitar sekolah. c.Lingkungan sekitar tempat tinggal siswa yang masih kental dengan hal-hal keagamaan. d.Tata tertib sekolah untuk menghambat kenakalan siswa, faktor yang menghambat pembinaan akhlak: a.Waktunya tidak cukup untuk membina akhlak siswa yang sebanyak itu.b. Terbatasnya pengawasan pihak sekolah.c.Sikap danperilaku siswa yang beragam. d.Pergaulan siswa yang tidak dapat dikontrol. e.Kurangnya kesadaran siswa untuk mengikuti kegiatan yang diwajibkan oleh sekolah. f. Sarana dan prasarana yang kurang mendukung. g. Maraknya perkembangan informasi jaman sekarang

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pascasarjana
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tari Eka Miyanti
Date Deposited: 06 Mar 2020 03:04
Last Modified: 06 Mar 2020 03:04
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2845

Actions (login required)

View Item View Item