Sari, Dian Hardika (2018) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak Kelas VIII MTs N 1 Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
Skripsi Dian Hardika Sari.pdf - Other Download (8MB) | Preview |
Abstract
Mata pelajaran Akidah Akhlak merupakan salah satu mata pelajaran yang berperan penting dalam membentuk karakter siswa, khususnya dalam penerapan syariat islam. Keberhasilan pembelajaran harus diupayakan semaksimal mungkin. Salah satu upaya yang cukup dominan adalah adanya pengaruh media pembelajaran yang sesuai atau serasi sehingga siswa merasa senang belajar Akidah Akhlak dan mampu mencapai tujuan Akidah Akhlak yang telah ditetapkan dalam kurikulum Akidah Akhlak.
Adapun masalah yang penulis temukan melalui pra survey pada tanggal 28 April 2017 di MTs N 1 Lampung Timur diperoleh data yang menunjukan hasil belajar siswa kurang maksimal atau masih rendah serta masih ada beberapa guru yang lebih senang menggunakan buku dari pada menggunakan media pembelajaran seperti audio visual. Rumusan masalah yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah “ Apakah ada pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar Akidah Akhlak kelas VIII MTs N 1 Lampung Timur. Adapun Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Dan untuk dugaan sementara atau hipotesis penulis menyatakan bahwa ada pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar Akidah Akhlak kelas VIII MTs N 1 Lampung Timur.
Penelitian yang penulis lakukan merupakan penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan adalah angket dan dokumentasi. Hasil analisa data penulis menggunakan chi kuadrat. Hasil yang diperoleh adalah 9,648 yang mana lebih besar dari tabel baik pada taraf 5% atau 1%. Sehingga hal ini menunjukan ada Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran terhadap hasil belajar Akidah Akhlak kelas VIII MTs N 1 Lampung Timur dan hasil perhitungan Koefisien Kontingensi: 0,383 dan Cmaks: 0,816 menyatakan bahwa variabel X dan Y mempunyai pengaruh yang cukup. Dengan tingkat pengaruh sebesar 47% yang termasuk dalam kategori cukup.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 05 Mar 2020 02:24 |
Last Modified: | 05 Mar 2020 02:24 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2848 |
Actions (login required)
View Item |