Hidayati, Miftah Nur (2018) Pengaruh Penerapan Metode DRILL Pembelajaran Baca Tulis Al QUR’AN (BTQ) Terhadap Kemampuan Membaca Al Qur’an Mahasiswa IAIN Metro Jurusan PAI Tahun Akademik 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
-MIFTAH NUR HIDAYATI-.pdf - Other Download (3MB) | Preview |
Abstract
Dalam mempelajari Al-Qur’an terdapat tata cara dalam membacaAl-Qur’an, sehingga tidak jarang banyak orang yang kesulitan dalam membaca Al-Qur’an.Sebagai salah satu alternatif untuk dapat meningkatkan kemampuan membaca Al Qur’an mahasiswa yaitu menerapkan metode drill. Dengan menerapkan metode drill siswa diharapkan dapat memperoleh kecakapan melafalkan huruf-huruf hijaiyah sesuai makhraj, membentuk kebiasaan dan menambah ketepatan dalam membaca Al-Qur’an, karena dengan metode drillsiswa akan berlatih berulang-ulang dalam membaca Al Qur’an dengan baik dan benar sesuai pentunjuk guru.Berdasarkan hal tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruhyangsignifikanpenerapan metode drillpembelajaranbacatulisAlQur’an(BTQ)terhadapkemampuanmembacaAlQur’anmahasiswa.
Penelitian ini bertujuan untukmengetahui pengaruhpenerapanmetodedrillpembelajaranbacatulisAlQur’an(BTQ)terhadapkemampuanmembacaAlQur’anmahasiswaIAINMetroJurusanPAITahun2018/2019.Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu metode drill sedangkanvariabel terikatnya yaitu kemampuan membaca Alqur’an mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan sifat dari penelitian ini adalah eksperimen. Desain eksperimen dalam penelitian ini yaitu Pre Experimental Design. Bentuk desain Pre Experimental dalam penelitian ini adalah One Group Pretest-Posttest DesignJumlah populasi penelitian yaitu 234 mahasiswa PAI semester II, dan yang menjadi sampelnya berjumlah 35 mahasiswa dengan menggunakan teknik Simple Random Samplinguntuk menentukan sampel penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan dokumentasi.
Hasil penelitian di IAIN Metro tengah di peroleh Perhitungan dengan menggunakan rumus T-Test menunjukkan bahwa THit ung = 8,388 kemudian di konsultasikan dengan harga TT abel, pada taraf signifikan (5% dan 1 %) dengan db 34 yaitu : pada taraf signifikan 5% = 1,690 dan taraf signifikan 1% =2,441.Hal ini menunjukan bahwa THit unglebih tinggi dari TT abelatau dapat ditulis sebagai 1,690<8,388>2,441. Dengan demikian berarti bahwa Ha diterima dan H0 ditolak.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruhyangsignifikanpenerapan metode drillpembelajaranbacatulisAlQur’an(BTQ)terhadapkemampuanmembacaAlQur’anmahasiswaIAINMetroJurusanPAITahun2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Saiful Manaf M.Pd.I |
Date Deposited: | 05 Mar 2020 04:22 |
Last Modified: | 05 Mar 2020 04:22 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2858 |
Actions (login required)
View Item |