Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru PAI (Studi di MTs Nurul Huda Sukajawa)

Intansari, Anggun (2017) Peran Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru PAI (Studi di MTs Nurul Huda Sukajawa). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI ANGGUN INTANSARI.pdf - Other

Download (22MB) | Preview

Abstract

Seorang kepala madrasah dalam organisasi sangat dibutuhkan untukmembawa organisasi kepada tujuan yang telah ditetapkan. Peningkatan kinerjaguru merupakan prihal yang sangat menentukan keberhasilan lembagasekolah/madrasah, karena dari gurulah perubahan dalam bidang pendidikan akandicapai. Faktor guru sangat menentukan terbentuknya peserta didik yangberkualitas. Oleh karena itu peran kepala madrasah sangat dibutuhkan dalamrangka membantu guru agar bisa lebih profesional. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui peran kepala sekolahdalam meningkatkan kinerja guru PAI di MTs Nurul Huda Sukajawa, (2) untukmengetahui hambatan yang dihadapi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerjaguru PAI di MTs Nurul Huda Sukajawa, (3) untuk mengetahui tantangan yangdihadapi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru PAI di MTs NurulHuda Sukajawa, dan (4) Untuk mengetahui strategi yang diterapkan oleh kepalasekolah dalam meningkatkan kinerja guru PAI di MTs Nurul Huda Sukajawa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan datadilakukan dengan tehnik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkantehnik analisis data, peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data danpenarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peran kepala madrasah dalammeningkatkan kinerja guru di MTs Nurul Huda Sukajawa adalah: a) Kepalamadrasah sebagai supervisor, b) Sebagai evaluator, c) Sebagai educator. (2)Hambatan Kepala MTs Nurul Huda Sukajawa dalam Meningkatkan Kinerja Guruadalah: (a) Fasilitas sarana dan prasarana yang terbatas, (b) Komitmen guru yangkurang baik, (c) Guru melakukan usaha lain yang terkadang mengganggu tugasdinasnya, (d) Kurangnya penguasaan materi oleh guru. (3) Tantangan KepalaMTs Nurul Huda Sukajawa dalam Meningkatkan Kinerja Guru adalah: (a)Kurangnya sarana dan prasarana, (b) Rendahnya produktivitas kerja, dan (c)Tantangan dalam meningkatkan kesejahteraan guru. (4) Strategi kepala madrasahdalam meningkatkan kinerja guru di MTs Nurul Huda Sukajawa adalah: a)Membangkitkan semangat kinerja para guru, b) Kerja sama dengan lembaga laindalam mengikutkan workshop dan pelatihan, c) Meningkatkan motivasi guru, d)Melakukan komunikasi persuasif dan memberikan penghargaan bagi guru yangberprestasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 05 Mar 2020 08:44
Last Modified: 05 Mar 2020 08:44
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2869

Actions (login required)

View Item View Item