Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Akhlakul Karimah Peserta Didik di SMPN 1 Sukadana Lampung Timur Tahun Pelajaran 2018/2019

Fatimah, Siti (2018) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Akhlakul Karimah Peserta Didik di SMPN 1 Sukadana Lampung Timur Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SITI FATIMAH.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Peserta didik merupakan individu yang belum dewasa atau individu yang terus mengalami perubahan, perkembangan baik secara fisik, mental maupun fikiran. Sehingga masih memerlukan bantuan, bimbingan dan arahan dari seorang guru dalam membentuk akhlak serta sebagai bagian dari struktural proses pendidikan. Melalui jalur, jenjang dan jenis pendidikanlah akhlak peserta didik akan terbentuk, selain itu juga faktor dari dalam dan dari luarpun dapat mempengaruhi proses perkembangannya.Berdasarkan hasil surveyyang Penulislakukan di SMPN 1 Sukadana, bahwa masih adapeserta didik yang melanggar aturan atau tata tertib di sekolahseperti membolos, loncat pagar sekolah, tidak masuk tanpa keterangan, berjudi, merokok di area sekolah, berkelahi, sering terlambat ke sekolah, gaduh di dalam kelasdan mencontek saat ujian. Padahal guru telah melakukanperannya dengan baik.

Berkenaan dengan hal di atas, maka fokus dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikantentang peran guru PAI dalam menanamkan akhlakul karimah peserta didik serta hambatanbagi gurudalam menanamkan akhlakul karimah peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Sukadana, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Lampung-Timur. Jenispenelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Reseach) dengan model penelitian kualitatif. Sedangkan sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik penjamin keabsahan data penelitian ini yaitu dengan triangulasi sumber dan teknik. Kemudian analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam menanamkan akhlakul karimah peserta didik di SMPN 1 Sukadana dapat dikatakan telah terlaksana dengan baik. Peran guru tersebut diantaranya: Sebagai pendidikdan pengajar, sebagai anggota masyarakat, sebagai administrator dan sebagai pengelola pembelajaran. Dari hasil penelitian juga terdapat beberapa hambatanbagi gurudalam menanamkan akhlakul karimah diantaranya faktor dari dalam yaitu pembawaan yang negatif dan sukar untuk dikendalikan, perasaan rendah diri dan kurang mampu bersosialisasi dengan lingkungan, serta rasa egois yang tinggi.Kemudian faktor dari luar yaitu ketidakharmonisan dalam keluarga, kurangnya bimbingan, perhatian dan pengawasan dari orang tua, kurangnya perhatian dari masyarakat sekitar, lingkungan pergaulan yang tidak sehat, serta kemajuan teknologi yang semakin pesat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 09 Mar 2020 02:38
Last Modified: 09 Mar 2020 02:38
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2876

Actions (login required)

View Item View Item