Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pembelajaran Agama dalam Pembentukan Karakter Aswaja Peserta Didik Madrasah Aliyah Ma’arif NU 8 Bangunrejo Kabupaten Lampung Tengah

Nurlailiya, . (2018) Pembelajaran Agama dalam Pembentukan Karakter Aswaja Peserta Didik Madrasah Aliyah Ma’arif NU 8 Bangunrejo Kabupaten Lampung Tengah. Masters thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi IAIN Metro.pdf - Other

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembentukan karakter Aswaja merupakan suatu upaya yang dilakukansecara sadar, terarah dan berkesinambungan untuk memperkenalkan danmenanamkan paham keagamaan Aswaja kepada peserta didik, agar merekamengetahui, meyakini dan mengamalkannya dalam pengertian menjadikannyasebagai pedoman kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.Pembentukan karakter Aswaja dilakukan melalui aktivitas bimbingan, pengajaran,latihan, serta pengalaman belajar.Peneliti merumuskan masalah yaitu 1) Bagaimana Proses PembelajaranAgama yang Terkandung dalam Pembentukan Karakter Aswaja pada Pesertadidik di Madrasah Aliyah Ma’arif NU 8 Bangunrejo Kabupaten LampungTengah? 2) Bagaimana Pembentukan Karakter Aswaja Peserta didik MadrasahAliyah Ma’arif NU 8 Bangunrejo Kabupaten Lampung Tengah? 3) Apa FaktorPendukung Pembelajaran Agama dalam Pembentukan Karakter Aswaja PesertaDidik Madrasah Aliyah Ma’arif NU 8 Bangunrejo Kabupaten Lampung Tengah?,Dan 4) Apa Faktor Penghambat Pembelajaran Agama dalam PembentukanKarakter Aswaja Peserta Didik Madrasah Aliyah Ma’arif NU 8 BangunrejoKabupaten Lampung Tengah? Adapun tujuan penelitian ini adalah untukmenganalisis Proses Pembelajaran Agama yang Terkandung dalam PembentukanKarakter Aswaja dan pembentukan karakter Aswaja peserta didik, serta faktorpendukung dan penghambat Pembelajaran Agama dalam Pembentukan KarakterAswaja Peserta Didik Madrasah Aliyah Ma’arif NU 8 Bangunrejo KabupatenLampung Tengah.Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Adapun sumber data yangdigunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukandengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data-data terkumpuldan dianalisis dengan cara reduksi data yaitu mengolah data mentah yangdikumpulkan dari hasil wawancara, dokumentasi dan observasi. Penyajian datayaitu, menyusun informasi secara baik dan akurat untuk memperoleh kesimpulanyang valid, dan penarikan kesimpulan yaitu bagian dari aktivitas data.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ProsesPembelajaran Agama dalam Pembentukan Karakter Aswaja pada Peserta didik diMadrasah Aliyah Ma’arif NU 8 Bangunrejo Kabupaten Lampung Tengah yaitudalam bentuk bimbingan, latihan dan pembiasaan belajar yang telah dijadwalkanoleh Madrasah. Pembentukan karakter aswaja peserta didik di Madrasah AliyahMa’arif NU 8 Bangunrejo Kabupaten Lampung Tengah, melalui empat karakteraswaja yaitu tawassut, tawazun, ta’adul, dan tasamuh. Adapun faktorpendukungnya adalah 1) Lingkungan Madrasah yang kondusif dan strategis. 2)Bimbingan dan pengawasan dari pendidik/guru baik di dalam sekolah maupun diluar sekolah. Dan faktor penghambatnya adalah 1) Latar belakang pendidikanpendidik/guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pascasarjana
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 09 Mar 2020 01:59
Last Modified: 09 Mar 2020 01:59
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2879

Actions (login required)

View Item View Item