Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pendidikan Madrasah Menurut Perspektif Masyarakat (Studi Kasus di Desa Ogan Jaya,Kecamatan Abung Pekurun, Kabupaten Lampung Utara)

Syamsilah, . (2016) Pendidikan Madrasah Menurut Perspektif Masyarakat (Studi Kasus di Desa Ogan Jaya,Kecamatan Abung Pekurun, Kabupaten Lampung Utara). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi IAIN Metro 6.pdf - Other

Download (1MB) | Preview

Abstract

Madrasah merupakan lembaga pendidikan agama Islam yang di dalamkurikulumnya memuat materi pelajaran agama dan pelajaran umum, dimana matapelajaran agama pada madrasah lebih banyak dibandingkan dengan mata pelajaranagama pada sekolah umum. Pendidikan madrasah merupakan pendidikan Islamyang berperan penting dalam menanamkan nilai-nilai kehidupan yang berorientasipada kemaslahatan hidup di dunia dan akhirat.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah adanya kesenjangan antara teoridan kenyataan yang ada. Dimana teori mengatakan bahwa kemunculan madrasahadalah untuk menanamkan pendidikan yang harus dikenalkan oleh orang tuakepada anaknya, namun pada kenyataannya, masyarakat masih kurangmempercayai madrasah sebagai lembaga pendidikan yang memeberi jaminankebaikan kepada anak. hal tersebut dapat dilihat dari rendahnya minat masyarakatuntuk menyekolahkan anak ke Madrasah. keadaan demikian juga terjadi padamasyarakat di desa Ogan Jaya, Kec. Abung Pekurun, Kab. Lampung Utara.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pendapat masyarakattentang pendidikan madrasah yang memnyebabkan masyarakat menjadi tidakberminat menyekolahkan anaknya ke lembaga pendidikan madrasah. Untukmenganalisis data dalam penelitian ini penulis menggunakan cara deskriptifanalisis, yaitu menggambarkan data yang ada guna memperoleh bentuk nyata dariresponden.

Kesimpulan akhir dari penelitian ini adalah Perspektif atau pandanganmasyarakat desa Ogan Jaya, Kecamatan Abung Pekurun, Kabupaten LampungUtara terhadap pendidikan Madrasah yaitu : Masyarakat memandang madrasahsebagai lembaga pendidikan yang dijadikan sekolah pilihan ke-dua ( sekolahkelas-dua), yang merupakan alternatif yang terpaksa dipilih jika tidak lolosmengikuti tes masuk pada sekolah umum unggulan dan Masyarakat memandangmadrasah hanya dari sebelah sisi, yakni sisi keagamaannya saja, sehinggamadrasah di pandang hanya tepat bagi siswa yang ditujukan menjadi kader-kaderulama masa depan namun tidak tepat untuk siswa yang ingin memilikiketerampilan dan kompetensi yang memadai guna untuk menunjang kemampuannya dalam dunia kerja di kemuadian hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 10 Mar 2020 00:52
Last Modified: 10 Mar 2020 00:52
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2887

Actions (login required)

View Item View Item