Indriati, Indah (2020) Trend Pemasaran Viral Marketing Melalui Instagram Dalam Mempertahankan Konsumen (Pasar Yosomulyo Pelangi). Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
INDAH INDRIATI NPM. 1502040156 - Perpustakaan IAIN Metro.pdf - Other Download (1MB) | Preview |
Abstract
Teknologi informasi yang terus berkembang pesat juga berdampak pada cara atau teknik pemasaran baruyang mengandalkan kepada kemajuan teknologi informasi. Hal ini juga dilakukan perusahaan dalam melakukan promosi. Salah satunya kegiatan promosi yang dilakukan perusahaan yaitu melakukan promosi dengan menggunakan jaringan internet atau yang lebih dikenaldengan viral marketing. viral marketingpada dasarnya merupakan bentuk pemasaran dari mulut kemulut berbasis internet (e-mouth to mouth marketing atau juga disebut e-word of mouth marketing)yang promosinya bersifat networking dan dirancang secara cepat dan luas.maka dari itu penelitian ini mengangkat permasalahan relevansi antara trend pemasaran viral marketing dengan pengunjung pasar yosomulyo pelangi.
Manfaat teoretis hasil penelitian ini dapat dipergunakan sebagai perkembangan ilmu pengetahuan khususnya di bidang pemasaran melalui media sosial atau viral marketing.Adapun manfaat praktis hasil penelitian ini dapat dapat dijadikan rujukan progam viral marketing. Juga diharapkan masyarakat dilokasi penelitian dapat terus menjalankan kegiatan pemasaran melalui media sosial atau viral marketing. Penelitian ini mengunakan jenis penelitian lapangan yang bersifat kombinasi (mixed methods), teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel pada penelitian ini adalah probability sampling.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwatrend pemasaran viral marketing melalui instagram dalam mempertahankan konsumen tidak berbanding lurus. meskipun di instagram mengalami kenaikan jumlah followerspada setiap bulanya namun aktualitasnya jumlah pengunjung pasar yosomulyo pelangi mengalami naik turun pada setiap bulanya. Dapat dikatakan trend viral marketing melalui instagram tidak berpengaruh terhadap jumlah pengujung di pasar yosomulyo pelangi, tetapi dipengaruhi oleh adanya even-even dan spot foto yang tersedia di pasar yosomulyo pelangi.
Kata kunci: Viral marketing, mempertahankan konsumen
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 11 Mar 2020 01:51 |
Last Modified: | 11 Mar 2020 01:51 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2897 |
Actions (login required)
View Item |