Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Metode Bercerita dalam Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam di SDN 01 Tunas Jaya Tulang Bawang Barat

Suryati, Eka (2017) Implementasi Metode Bercerita dalam Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam di SDN 01 Tunas Jaya Tulang Bawang Barat. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI EKA SURYATI NPM. 1282821.pdf - Other

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penanaman nilai-nilai Islammelalui pendidikansangat diperlukan untuk anak-anak. Melihat fenomenakehidupan masyarakat saat ini, kebanyakan orang tua telahmengenalkan anakterhadap kehidupan yang tidaksesuai dengan dunianya. Dan maraknyakenakalan remaja, pergaulan bebas, konsumsi barang-barangharam, sex bebas dan rusaknya moral bangsa ini menjadikankeprihatinan yang sangat mendalam.Bercerita mempunyai pengaruh yang besar dalam menarik perhatian dan meningkatkan kecerdasan berfikir seorang anak sebab cerita tersebut memiliki kenikmatan dan keindahan tersendiri.

Penerapan metode bercerita bisa dijadikan salah satu alternatif metode pembelajaran yang digunakan dalam penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam. Metode bercerita yaitu suatu cara memberikan pengalaman belajar yang bermacam-macam pada siswa secara lisan untuk mengajarkan atau menyampaikan pesan-pesan moral bagi siswa. Penerapan metode tersebut selain bisa cepat menyentuh di hati para siswa, metode bercerita juga membuat siswa tidak akan cepat merasa bosan di dalam kelas, karena dalam metode bercerita para siswa akan mengetahui gambaran tentang kisah para Nabi, sifat-sifat para Nabi atau orang-orang terdahuluyang dapat diambil pelajaran untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan yang akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan psikologis mereka nantinya.

Maka pertanyaan penelitian yang penulis ajukan sebagai berikut: 1) Bagaimana kriteria pemilihan cerita yang baik dalam penerapan metode bercerita?, 2) Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi metode bercerita dalam penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam?, dan 3) Bagaimana penerapan metode bercerita dalam penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islamdi SDN 01 Tunas Jaya Tulang Bawang Barat?.

Jenis penelitian ini adalah kualitatif lapangan dan bersifat deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Teknik analisis data yang penulis gunakan adalahdata reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing/ verification.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode bercerita dalam penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam di SDN 01 Tunas Jaya cukup efektif. Sebagai bukti bahwa proses penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam itu efektif yaitu proses penerapan pada siswa, metode, sarana dan media yang digunakan, serta sikap siswa dalam mengamalkan materi pelajaran yang telah disampaikan dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 10 Jan 2020 08:29
Last Modified: 10 Jan 2020 08:29
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/290

Actions (login required)

View Item View Item