Sari, Putri Wulan (2020) Pengaruh Label Halal, Atribut Produk dan Variasi Jenis Produk Sebagai Variabel Moderating Terhadap Keputusan Pembelian Produk Herba Penawar Alwahida Indonesia(HPAI)(Studi Kasus di Kecamatan Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah). Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SKRIPSI PUTRI - Perpustakaan IAIN Metro.pdf - Other Download (4MB) | Preview |
Abstract
Dengan ditunjangnya kebutuhan dan keinginan masyarakat yang kini semakin meningkat. Banyakkonsumen yang tertarik karena kemasan produk, dan tentunya denganvariasi produk HPAI. Hal penting dalam proses keputusan pembelian berdampak pembelian berulang yang akhirnya akan meningkatkan penjualan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh label halal terhadap keputusan pembelian produk HPAI, (2) pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian produk HPAI, dan (3) pengaruh variasi jenis produk terhadap keputusan pembelian produk HPAIdi Pusat Stokis Daerah (PSD) Kecamatan Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (Field Research). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh member produk HPAIpada stokis Ibu Muji Lestari. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode menggunakan teknik secara non probability sampling yaitu sampling accidentaldengan jumlah sampel sebanyak 55 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan uji instrumen yang terdiri dari uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinieritas dan uji heterokedastisitas), uji hipotesis yang terdiri dari uji regresi linier berganda, uji t, uji F, dan uji R Square.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa label halal yang tercantum pada kemasan secara parsial mempunyai hubungan dengan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,117. berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk HPAI. Hal ini dibuktikan dari nilai thitung (0, 876) >ttabel(2,00758) dengan nilai signifikan sebesar 0,385 > 0,05. Atribut produk yang tercantum dalam kemasan produk HPAI secara parsial mempunyai hubungan dengan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,252 dan berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk HPAI. Hal ini dibuktikan dari nilai thitung (2,441) > ttabel(2,00758) dengan nilai signifikan sebesar 0, 018 < 0,05. Variasi jenis produk secara parsial mempunyai hubungan dengan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,940 dan berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk HPAI.. Hal ini dibuktikan dari nilai thitung (4,804) > ttabel(2,00758) dengan nilai signifikan sebesar 0, 000 < 0,05. Dan secara simultan dari ketiga variabel independen berpengaruh singnifikan, terhadap keputusan pembelian produk HPAI sebesar 55,4%. Sedangkan yang lainnya di pengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 10 Mar 2020 08:47 |
Last Modified: | 10 Mar 2020 08:47 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2901 |
Actions (login required)
View Item |