Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Endorsement Sebagai Strategi Pemasaran Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam(Studi Kasus di Hayu Olshop Metro)

Hartati, Ambaryati (2020) Endorsement Sebagai Strategi Pemasaran Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam(Studi Kasus di Hayu Olshop Metro). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI AMBARYATI HARTATI NPM. 1502040005 (wecompress.com) - Perpustakaan IAIN Metro.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Bisnis online adalah suatu aktifitas bisnis baik jasa maupun produk yang ditawarkan melalui media internet mulai dari negoisasi hingga kegiatan transaksi tanpa harus bertatap muka dengan customer. Dalam bisnis online diperlukan strategi-strategi pemasaran dengan cara mengiklankan hasil produknya di media sosial. Strategi tersebut salah satunya yaitu dengan cara endorsement. Endorsement adalah sebuah tindakan mendukung (support) atau setujuterhadap sesuatu. Namun seringkali endorser atau selebgram dalam mempromosikan suatu produk melalui media sosialnya hanya berdasarkan persepsi saja tidak sesuai dengan kenyataannya bahkan produk yang dipromosikan tidak digunakan secara real di kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, dalam menjalankan bisnis tentunya perusahaan tidak lepas dari etika dalam berbisnis, etika memiliki fungsi sebagai pedoman yang dilandasi dengan landasan tauhid, keseimbangan, kehendak bebas, dan tanggung jawab.

Penelitian ini bertujun untuk mengetahui strategi endorsement pada Hayu olshop apakah sudah sesuai dengan etika bisnis Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sedangkan sifat penelitian bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Data hasil temuan digambarkan secara deskriptif dan dianalisis menggunakan cara berpikir deduktif.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat peneliti simpulkan bahwa: Strategi pemasaran Hayu Olshop menggunakan dua jenis endoser yaitu jenis testimonial adalah tokoh yang berasal dari kalangan orang biasa yang dianggap netral untuk menyampaikan keunggulan produk, dan jenis endoser accesivist adalah penggunaan tokoh yang memiliki keunikan pada bidang tertentu. Namun dalam aktivitas endorsement pada Hayu Olshop masih terdapat penyimpangan etika bisnis Islam, karena masih terdapat selebgram yang kurang jujur saat melakukan kegiatan promosi di media sosial.Selebgram tersebut tidak jujur dalam memberikan review produk kepada konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 10 Mar 2020 08:41
Last Modified: 10 Mar 2020 08:41
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2903

Actions (login required)

View Item View Item