Handayani, Kristina (2020) Implemetnasi Etika Bisnis Islam Dalam Transaksi Jual Beli Pada Pedagang Pasar Tradisional Roworejo Kecamatan Negerikaton Kabupaten Pesawaran. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SKRIPSI KRISTINA HANDAYANI NPM. 1502040240 - Perpustakaan IAIN Metro.pdf - Other Download (1MB) | Preview |
Abstract
Manusia sebagai makhluk sosial tidak bisa lepas dari bermu’amalahantara satu dengan yang lainnya. Mu’amalahsesama manusia senantiasa mengalami perkembangan dan perubahan sesuai kemajuan dalam kehidupan manusia. Hubungan manusia satu dengan manusia berkaitan dengan harta diatur dalam bermu’amalah. Islam memang menghalalkan usaha perdagangan, perniagaan atau jual beli, namun tentu saja untuk orang yang menjalankan usaha perdagangan secara Islam, dituntut menggunakan tata cara khusus, ada aturan mainnya yang mengatur bagaimanaseharusnya seorang Muslim berusaha di bidang perdagangan agar mendapatkan berkah dan ridha Allah SWT di dunia dan akhirat. Tata cara dalam melaksanakan etika yang benar, akan terjadi keseimbangan hubungan antara pedagang dan pembeli.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi etika bisnis Islam dalam transaksi jual beli pada pedagang Pasar Tradisional Roworejo Kecamatan Negerikaton Kabupaten Pesawaran. Penelitian ini termasuk dalam penelitian metode kualitatif adapun sumber data dalampenelitian ini diperoleh melalui metode pengamatan (observasi) yang dilakukan dengan mengamati dari kejauhan bagaimana fakta yang terjadi di lapangan, wawancara (interview) terhadap tindakan transaksi jual beli pada pedagang beras, pedagang buah dan pedagang daging, dokumentasi yang digunakan berupa pengambilan gambar pada saat melakukan penelitian sebagai penunjang skripsi ini. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis penelitian deskriptif adalah suatu penelitian yang berusaha mendeskripsikan fenomena atau peristiwa secara sistematis sesuai dengan apa adanya.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa etika bisnis Islam telah memberikan ketentuan bahwa para pedagang harus lebih mengetahui dan memahami prinsip-prinsip etika bisnis dalamIslam yaitu tauhid, keseimbangan (keadilan), tanggung jawab, kejujuran, dan kehendak bebas hal tersebut didahulukan agar bisnis yang dilakukan mendapat keberkahan dan keridhan dari Allah SWT. Konsep kejujuran harus diterapkan dalam jual beli. Hal tersebut dimaksudkan untuk menghilangkan praktik kecurangan yang dapat mengkibatkan kedzoliman bagi suatu pihak. Kecurangan dalam penimbangan dapat perhatikan khusus dalam Al-Qur’an karena praktik semacam ini telah merampas hak orang lain. Selain itu juga praktikpenimbangan seperti ini dapat menimbulkan dampak yang sangat buruk dalam dunia perdagangan yaitu timbulnya ketidak percayaan pembeli kepada penjual yang curang. Berbisnis haruslah menerapkan unsur-unsur kejujuran dalam transaksi jual beli agar mendapat keberkahan di dalam usahanya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 10 Mar 2020 08:06 |
Last Modified: | 10 Mar 2020 08:06 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2906 |
Actions (login required)
View Item |