Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Pemasaran Para Pedagang Kecil Dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen Pasca Relokasi Pasar Induk di Tejo Agung 24 Kota Metro

Adi Guna, Rahmad Gangsar (2020) Strategi Pemasaran Para Pedagang Kecil Dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen Pasca Relokasi Pasar Induk di Tejo Agung 24 Kota Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI RAHMAD GANGSAR ADI GUNA - Perpustakaan IAIN Metro.pdf - Other

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kegiatan perdagangan di pasar Tejo Agung 24 Kota Metro merupakan salah satu pasar induk yang menjadi tempat sentral para pedagang melakukan kegiatan jual beli, termasuk para pedagang kecil. pasar Tejo Agung 24 Kota Metro merupakan sentral pasar tradisionalpindahan dari pasar Nuban Kota Metro, karena adanya renovasidi pasar Nuban tersebut. Oleh sebab itu, semua pedagang kecil yang berada di pasar Nuban Kota Metro dipindahkan ke pasar Tejo Agung 24 Kota Metro, walaupun ada beberapa pedagang kecil yang masihbertahan di pinggiran jalan pasar Nuban Kota Metro.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran para pedagang kecil dalammeningkatkan minat beli konsumen pasca relokasipasar induk di Tejo Agung 24 Kota Metro.

Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data, wawancara, dan dokumentasi. Penentuan responden sebagai informan dipilih melalui pemnelusuran orang-orang yang berkompeten dan dapat mewakili serta Representatifdalam penggalian informasiyang dibutuhkan. Dalam hali ini, kegiatan interviewdilakukan dengan dinas pasar tejo agung 24, pedagang pasar, dan konsumen (pelanggan).

Berdasarkan analisis data yang peneliti lakukan, maka peneliti mengambil kesimpulan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan pedagang kecil di pasar Tejo Agung 24 Kota Metro adalah diantaranya strategi produk, strategi harga, strategi promosi, dan, strategi tempat. Strategi pemasaran dari segi produk yaitu dengan menyediakan barang yang berkualitas, adapun dari segi harga yaitu dengan cara menetapkan harga umum. Strategi pemasaran lainnya yaitu dari segi promosi dan tempat, promosi yang dilakukan oleh pedagang kecil di pasar Tejo Agung 24 Kota Metro yaitu dengan mengurangi harga apabila konsumen membeli dalam jumlah banyak dan keberadaan pasar Tejo Agung 24 Kota Metro dapat meramaikan pasar-pasar yang berada dipinggiran Kota Metro walaupun jarak yang terlampau jauh. Keberadaan pasar induk di Tejo Agung 24 Kota Metro menimbulkan dampak positif maupun negatif pada masyarakat sekitar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 10 Mar 2020 07:51
Last Modified: 10 Mar 2020 07:51
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2908

Actions (login required)

View Item View Item