Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Pemasaran UMKM Rumah Makan (Studi di Desa Qurnia Mataram Seputih Mataram Lampung Tengah)

Rahayu, Setya Nova (2020) Strategi Pemasaran UMKM Rumah Makan (Studi di Desa Qurnia Mataram Seputih Mataram Lampung Tengah). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI SETYA NOVA RAHAYU NPM. 1502040107 - Perpustakaan IAIN Metro.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Strategi pemasaran yaitu pada dasarnya adalah rencana yang menyeluruh, terpadu dan menyatu di bidang pemasaran, yang memberikan panduan tentang kegiatan yang akan dijalankan untuk dapat tercapainya tujuan pemasaran suatu perusahaan.Dengan kata lain, straregi pemasaran adalah serangkaian tujuan dan sasaran, kebijakan dan aturan yang memberi arah kepada usaha-usaha pemasaran perusahaan dari waktu ke waktu, pada masing-masing tingkatan dan acuan serta alokasinya, terutama sebagai tanggapan perusahaan dalam menghadapi lingkungan dan keadaan persaingan yang selalu berubah.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana rancangan strategi pemasaran yang digunakan oleh pemilik rumah makan dalam menghadapi persaingan bisnis. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan metode wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada pemilik warung makan dan konsumen rumah makan tersebut di desa Qurnia Mataram Lampung Tengah, sedangkan dokumentasi diperoleh daridata-data yang ada dilapangan.

Berdasarkan hasil penelitian, yang di lakukan di warung makan Bu Janggi, warung makan Bu Nenti (prasmanan), dan warung makan Bu Sum (minang jaya) di Desa Qurnia Mataram, peneliti menemukan hasil mengenai stategi pemasaran yang digunakan oleh ketiga rumah makan tersebut yaitu menggunakan strategi pemasaran 7P. Pada rumah makan Bu Janggi strategi pemasaran yang lebih ditonjolkan yaitu 3P, bauran produk, bauran harga, dan bauran lokasi usaha. Pada rumah makan Bu Nenti (prasmana)dirumah makannya juga yang lebih ditonjolkan adalah strategi pemasaran 3P yaitu, bauran produk, bauran harga, dan bauran lokasi usaha. Sedangkan pada rumah makan Bu Sum (minang jaya), yang lebih ditonjolkan adalah strategi pemasarn 4P yaitu, bauran produk, bauran harga, bauran lokasi udaha, dan bauran promosi. Peneliti melihat bahwa pada rumah makan Bu Janggi, jika dilihat dari segi harga, harga yang ditentukan relatif lebih murah dibandingkan dengan dua pesaingnya. Sedangkan pada rumah makan Bu Sum (minang jaya), dilihat dari segi harganya untuk ukuran rumah makan padang yang ada di desa harganya cukup mahal, karena mayoritas lingkungan disekitar adalah kelas menengah ke bawah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 10 Mar 2020 07:37
Last Modified: 10 Mar 2020 07:37
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2912

Actions (login required)

View Item View Item