Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Dampak Implementasi Excellent Service Pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Bandar Jaya Terhadap Nasabah Tabungan Mabrur

Putri, Riri Novita (2019) Dampak Implementasi Excellent Service Pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Bandar Jaya Terhadap Nasabah Tabungan Mabrur. Diploma thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
TUGAS AKHIR RIRI NOVITA PUTRI - Perpustakaan IAIN Metro.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Ibadah haji adalah suatu ibadah yang termasuk dalam rukun Islamyang wajib dilaksanakan bagi umat Islamyang mampu, baik secara materi maupun fisik dalam rangka mengunjungi rumah Allah. Selain dari kemampuan fisik, akan tetapi ibadah haji juga membutuhkan biaya untuk keperluan selama melaksanakan ibadah haji di tanah suci Makkah, baik itu biayakeberangkatan maupun biaya lain-lainnya.Kondisi inilah yang membuat lembaga keuangan terutama Perbankan Syariah untuk berinovasi dalam memberikan pelayanan prima atau yang biasa di sebut sebagai excellent service agar dapat mempermudah masyarakat.Pada praktiknya setiap perusahaan/bank memiliki ciri dan standar tersendiri dalam memberikan pelayanan. Perbedaan pelayanan antara perusahaan/bank hanya dalam bidang tertentu yang pada dasarnya memiliki kesamaan (kemiripan). Hanya saja setiap perusahaan/bank ingin memiliki ciri khas tersendiri di mata pelanggannya, yang membedakan dengan pelayanan perusahaan/bank pesaing.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak implementasi Exellent Servicepada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Bandar Jaya terhadap nasabah Tabungan Mabrur. Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan (field research). Sifat penelitian ini yaitu deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Data hasil temuan digambarkan secara deskriptif dan dianalisis menggunakan cara berpikir induktif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada produk tabungan mabrur pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Bandar Jaya, bank memberikan sarana dan prasarana yang baik seperti menyediakan ruangan yang nyaman saat melakukan pendaftaran hingga proses pelunasan BPIH, memberikan freebiaya administrasi hinggaRp. 4.000.000,-, memberikankemudahan dalam bertransaksi menghitung uang di teller tanpa melalui antriankarena diberikan teller khusus untuk pelunasan BPIH, disediakannya makanan dan minuman bagi nasabah yang sedang mengantri, dan disediakan customer service yang cepat dan jelas dalam membantu segala kebutuhan nasabahnya.Sehingga implementasi excellent servicepada nasabah tabungan mabrur di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Bandar Jaya membuat nasabah merasa puas saat proses pendaftaran tabungan haji sampai proses pemberangkatan ibadah haji. Ini terbukti dengan jumlah data yang dilampirkan selalu meningkat setelah proses pelunasan BPIH.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 10 Mar 2020 07:19
Last Modified: 10 Mar 2020 07:19
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2916

Actions (login required)

View Item View Item