Azizah, Norma (2018) Penggunaan Metode Inkuiri Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN 1 Pujokerto Kec.Trimurjo T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SKRIPSI NORMA AZIZAH NPM. 14120435.pdf - Other Download (5MB) | Preview |
Abstract
Hasil belajar adalah nilai siswa yang sama atau lebih dari nilai KKM untuk mencapi nilai siswa agar dapat sama atau lebih dari KKM dibutuhkan motivasi agar siswa dapat meraihnya. Namun pada kenyataannya motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SDN 1 Pujokerto Kecamatan Trimurjo masih rendah dan belum sesuai dengan standar nilai yang ditentukan. Rendahnya motivasi dan hasil belajar dikarenakan terjadinya beberapa masalah yang berhubungan dengan pembelajaran sehingga menyebabkan siswa mengalami kejenuhan dalam belajar dan menyebabkan nilai hasil belajar yang rendah.
Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan metode pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA di kelas V SDN 1 Pujokerto Kecamatan Trimurjo tahun pelajaran 2017/2018?. Sedangkan tujuan dari penelitianini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa setelah menggunakan metode inkuiri mata pelajaran IPA kela V SDN 1 Pujokerto Kecamatan Trimurjo Tahun Pelajaran 207/2018.
Pengumpulan data dalam penelitian ini berupa lembar observasi dan angket untuk mengetahui motivasi siswa dan tes untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah ditepkannya merode pembelajaran Inkuiri.Pada siklus I ketuntasan KKM mencapai 62% dan pada siklus II mencapai 78%sehinggamengalami kenaikan sebesar 16%.Sedangkan untuk nilai rata-rata siswa pada siklus I berjumlah 51dan pada siklus II berjumlah 61sehingga mengalami peningkatan sebesar10dari siklus I ke siklus II.Berdasarkan hasil belajar yang telah di capai siswa pada siklus I dan siklus II dapat dikatakantuntas karena telah mendapai 86% dengan KKM ≥60 pada akhir siklus II,sedangkan utnuk motivasi siswa dapat meningkat pada indikator motivasi tekun menghadapi tugas, siswa berani mempertahankan pendapat, menunjukan minat dan keantusiasan belajar dengan nilai 74%, 74%, dan 71% sedangkan untuk indikator siswa senang bekerja mandiri tidak tuntas dengan niloai 68%. Penggunaan metode inkuiri dapat meningkatakan motivasi dan hasil belajar siswa pada Mata pelajaran IPA kelas V SDN 1 Pujokerto Kecamatan Trimurjo tahun pelajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 11 Mar 2020 01:28 |
Last Modified: | 11 Mar 2020 01:28 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2918 |
Actions (login required)
View Item |