Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penerapan Metode Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran IPS SDN 1 Rajabasa Batanghari Tahun Pelajaran 2017/2018

Umaroh, Lia (2017) Penerapan Metode Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran IPS SDN 1 Rajabasa Batanghari Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar dapat di sebabkan oleh beberapa masalah yang sering muncul dari kegiatan pembelajaran dikelas. Rendahnya hasil belajar pada pelajaran IPS di tandai dengan tidak tuntasnya nilai ulangan harian dibawah KKM yaitu 63,15% atau 12dari 19siswa yang belum tuntas. Mediapembelajaran yangdi gunakan oleh guru hanya sebatas buku cetak saja, hal ini juga mengakibatkan kurang semangatnya atau partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran dankebanyakan siswacenderung pasif dan hanya sebagian kecil siswa yang aktif dalam kegiatan pembelajaran.Berdasarkan identifikasi masalahdiatas maka dalam penelitian ini dapat dirumuskan masalahnya sebagai berikut “Apakah penerapan metode inkuiridapat meningkatkan hasil belajar siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SDN 1 Rajabasa BatanghariTahun Pelajaran.2017/2018”.

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPS dengan menggunakan metode inkuiri. Peneliti bertindak sebagai guru dan mitra kolaborasi sebagai observer yaitu guru mata pelajaran IPS. Pembelajaran di lakukan dengan 2 siklus selama 4 kali pertemuan setiap siklus memiliki tahapanyaitu: perencanaan tindakan,pelaksanaan tindakan, observasi (pengamatan) dan refleksi. Alat pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasiuntuk mengamati aktivitas belajar siswa, observasi aktivitas guru, tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, dan dokumentasi.

Hasil belajar siswa pada siklus I meningkat yaitu sebanyak 9 siswa memenuhi KKM dengan nilai tertinggi 80, tes di lanjutkan kembali pada siklus II dengan sedikit perbaikandi dapat kembali hasil belajar siswa pada siklus II meningkat,sebanyak 16siswa memenuhi KKM dengan nilai tertinggi 85.Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dipaparkan, maka dapat disimpulkan sebagai berikut;Penggunaan metode inkuiridapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IV. Dengan nilai ketuntasan pada siklus I sebesar 47,36% dan pada siklus II sebesar 84,21%.Jadi dari siklus I ke siklus IIhasil belajar siswa meningkat 36,86%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 11 Mar 2020 01:14
Last Modified: 11 Mar 2020 01:14
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2922

Actions (login required)

View Item View Item