Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Upaya Meningkatkan Aktifitas Belajar dan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Media Games Puzzleilmu Pengetahuan Alam (IPA) SDN 1 Pugung Raharjo Kecamatan Sekampung Udik

Liviani, Fany Freshtya (2018) Upaya Meningkatkan Aktifitas Belajar dan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Media Games Puzzleilmu Pengetahuan Alam (IPA) SDN 1 Pugung Raharjo Kecamatan Sekampung Udik. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI FANY.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Latarbelakang masalah pada penelitian iniadalah siswa kelas IV SDN1 Pugung Raharjoadalah rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), kurang aktifnya siswa pada saat belajar mengajar dilaksanakan, metode pembelajaran yang kurang variatif. Tujuan dari penelitian ini adalah Dapat meningkatnya aktifitas belajar dan hasil belajar siswa kelas IVB di SDN 1 Pugungraharjo dengan menggunakan metode Games.Game puzzle adalah permainan yang paling umum dipakai dan termasuk salah satu permainan dalam pembelajaran yang sederhana yang dapat digunakan di sekolah. Kelebihan menggunakan Media Game puzzle adalah Mudah disajikan dalam pembelajaran, mudah dibawa dan praktis, siswa bisa bermain dengan belajar.

Penelitian kali ini menggunakan PTK yang terdiri atas empat tahap, yakni perencanaan,tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Pugung Raharjo. Teknik pengambilan data yang peneliti lakukan menggunakan observasi, dokumentasi dan tes. Sedangkan untuk teknik analisis data peneliti menggunakan rumus hitung rata-rata dan rumus hitung ketuntasan belajar siswa.

Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media Games Puzzle dapat meningkatkan aktifitas belajar dan hasil belajar siswa.Peningkatan dari siklus I dan siklus II, dengan rata-rata peningkatan aktifititas belajar siswa di siklus I sebesar 47,7 dan di siklus II 80,2denganpeningkatan sebesar 32,5%.Dan rata-rata peningkatan hasil belajar siswa mencapai 87% di Siklus I dan 91,3% di siklus II dengan peningkatan sebesar 4,3%. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa penggunaan mediaGames Puzzledapat meningkatkan aktifitas belajar dan hasil belajar siswa kelas IV.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 11 Mar 2020 00:55
Last Modified: 11 Mar 2020 00:55
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2923

Actions (login required)

View Item View Item