Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Persepsi Konsumen tentang Iklan Kartu Smartfren Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah IAIN Metro)

Halimah, Nur (2020) Persepsi Konsumen tentang Iklan Kartu Smartfren Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah IAIN Metro). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
BURNING - Perpustakaan IAIN Metro.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Persepsi konsumen berpengaruh padapengambilan keputusan konsumen untuk membeli atau tidak. Setelah keputusan diambil, maka dengan sendirinya konsumen bisa memanfaatkan barang yang akan dibeli untuk sebagai tujuan. Salah satu tujuannya adalah untuk memenuhi kebutuhan dan atau menyelesaikan masalah yang dihadapi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana persepsi konsumen tentang iklan kartu smartfren terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada mahasiswa jurusan ekonomi syariah IAIN Metro. Sedangkan dokumentasi diperoleh dari blog IAIN Metro. Semua data-data tersebut dianalisa secara induktif.
Berdasarkan hasil penelitian, Dari 20 mahasiswa yang peneliti wawancari 16 diantaranya memiliki persepsi bahwa iklan yang ditayangkan menarik dengan bintang iklan yang dikenal halayak ramai dan isi iklan yang mudah diingat serta gambar dan warna yang menarik menarik dan kreatif, serta tawaran harga yang terjangkau untuk kalangan mahasiswa sehingga mampu menarik perhatian para konsumen untuk menggunkannya,selain karna iklan yang menarik, harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau dibandingkan kartu paketan lainnya. Namun 4 mahasiswa lainnya memberikan persepsi negatif terhadap iklan tersebut, keempat mahasiswa tersebut menilai iklan yang ditayangkan tidak menarik karena beberapa alasan, diantaranya karena Bran ambassadornya sendiri, dan juga karena keterbatasan jaringan disetiap daerah masing-masing. Menurut mereka harga murah tetapi tidak didukung dengan jaringan yang kuat, dan mereka lebih memilih kartu paketan yang sesuai yang ada didaerahnya.jika persepsi konsumen terhadap iklan suatu produk itu bagus, maka besar kemungkinan konsumen akan melakukan pembelian. Jika persepsi konsumen terhadap iklan tersebut sudah jelek, maka besar kemungkinan konsumen tidak akan melakukan pembelian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Tari Eka Miyanti
Date Deposited: 14 May 2020 06:04
Last Modified: 14 May 2020 06:04
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2925

Actions (login required)

View Item View Item