Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi, dan Psikologi Terhadap Keputusan Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Metro Angkatan 2015 Sebagai Nasabah Bank Konvensional

Fitriana, Lia (2020) Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi, dan Psikologi Terhadap Keputusan Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Metro Angkatan 2015 Sebagai Nasabah Bank Konvensional. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi, dan Psikologi Terhadap Keputusan Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syari'ah FEBI IAIN Me~1 - Perpustakaan IAIN Metro.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Bank sudah menjadi lembaga keuangan yang tidak dapat dipisahkan dari masyarakat, termasuk mahasiswa. Dua sistem perbankan yang ada di Indonesia yaitu bank syariah dan bank konvensional memberikan opsi lebih kepada nasabah untuk memilih bank yang dikehendaki sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka masing-masing. Keputusan dalam menentukan pilihan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologis.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah faktor budaya,sosial, pribadi, dan psikologi mempengaruhi keputusan mahasiswa jurusan Ekonomi Syariah FEBI IAIN Metro Angkatan 2015 sebagai nasabah Bank Konvensional. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kombinasi (mixed methods) model urutan penemuan analisis kuantitatif dan kualitatif (Sequantial Explanatory). Objek penelitian yang digunakan yaitu mahasiswa Jurusan Ekonomi Syari’ah FEBI IAIN Metro Angkatan 2015 yang menjadi nasabah bank Konvensional dengan jumlah sampel sebanyak 46 responden dengan menggunakan kuesioner dan wawancara sebagai alat pengumpul data.
Hasil Uji t menunjukkan bahwa variabel budaya dan variabel pribadi tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap keputusan konsumen, variabel sosial berpengaruh secara berbanding terbalik dan signifikan terhadap keputusan konsumen, sedangkan variabel psikologi berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan konsumen. Kemudian melalui uji F diketahui bahwa variabel budaya, sosial, pribadi, dan psikologi berpengaruh dan signifikan secara bersama-sama terhadap keputusan konsumen. Adjuster R square sebesar51,1% menunjukkan bahwa sebesar 51,1% variabel keputusan pembelian bisa dijelaskan oleh keempat variabel independen yang digunakan dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya sebesar 0,489 yang artinya 48,9% dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak disertakan dalam penelitian ini.
Data kuantitatif tersebut didukung dengan hasil wawancara kepada beberapa responden yang menyatakan bahwa faktor budaya dan pribadi tidak berpengaruh terhadap keputusan konsumen, faktor sosial dan psikologi berpengaruh terhadapkeputusan konsumen. kemudian faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologi secara simultan dapatmempengaruhi dalam mengambil keputusan sebagai nasabah Bank Konvensional. Dengan demikian data kualitatif ini memperkuat data kuantitatif dan memperluas data kuantitatif yaitu dengan menambahkan faktor-faktor lain yang mempengaruhi keputusan mahasiswa Jurusan Ekonomi Syari’ah IAIN Metro angkatan 2015 sebagai nasabah Bank Konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Tari Eka Miyanti
Date Deposited: 14 May 2020 06:04
Last Modified: 14 May 2020 06:04
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2926

Actions (login required)

View Item View Item