Hariyono, Rizky Amalia (2016) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Padamata Pelajaran IPA Dengan Menggunakan Media Gambar Peserta Didik Kelas V SD Negeri 1 Astomulyo Punggur Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, STAIN Jurai Siwo.
|
PDF
Skripsi IAIN Metro 1.pdf - Other Download (1MB) | Preview |
Abstract
Proses kegiatan belajar mengajar di sekolah bertujuan untukmengembangkan potensi peserta didik dan mempersiapkan menghadapi masadepan yang lebih baik. Salah satu ukuran berhasil atau tidaknya proses belajarmengajar dapat dilihat dari pemahaman dan hasil belajar yang diperolehpeserta didik setelah mengikuti pembelajaran dengan penggunaan media yangdigunakan guru dalam proses pembelajaran. Berdasarkan prasurvey di SD 1Astomulyo Kecamatan Punggur Kabupaten Lampung Tengah pada pelajaran IPAdiperoleh data yaitu masih rendahnya hasil belajar peserta didik terhadap matapelajaran IPA. Berdasarkan masalah tersebut maka peneliti tertarik untukmembahas solusinya adalah penulis mengajukan penerapan media gambar.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah penggunaanmedia gambar dapat meningkatkan hasil belajar kelas V pada mata PelajaranIPA SD Negeri 1 Astomulyo?. Tujuan dari penelitian ini adalah: untukmeningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V setelah menggunakan mediagambar pada mata Pelajaran IPA SD Negeri 1 AstomulyoPenelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang sudah dilaksanakandalam 2 siklus dengan setiap siklusnya dua kali pertemuan. Subjek penelitianini adalah peserta didik kelas V SD Negeri 1 Astomulyo dengan jumlah 24peserta didik pada mata pelajaran IPA dengan materi bumi dan alam semesta.Teknikpengumpulandatadalam penelitian ini melalui observasi untukmengetahui aktivitas belajar siswa, tes` belajar peserta didik untuk mengetahuihasil belajar, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalampenelitian ini dengan menggunakan rumus persentase.
Berdasarkan hasil analisis dari penelitian dapat diketahui bahwa denganmenggunakan media gambarhasil belajar peserta didik mengalamipeningkatan dari siklus I sampai siklus II. Pada siklus I hasil belajar pesertadidik mencapai ketuntasan 62,5% pada siklus II mencapai 83,33%. Siklus I kesiklus II mengalami peningkatan sebesar 20,83%. Dari analisis dapatdisimpulkan bahwa penggunaan media gambardapat meningkatkan hasilbelajar peserta didik pada mata pelajaran IPA Kelas V SD N 1 AstomulyoKecamatan Punggur Lampung Tengah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 12 Mar 2020 04:04 |
Last Modified: | 12 Mar 2020 04:04 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2942 |
Actions (login required)
View Item |