Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Metode Diskusi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII SMP Negeri 2 Pekalongan

Siswandari, Yuniarti (2018) Pengaruh Metode Diskusi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII SMP Negeri 2 Pekalongan. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI YUNIARTI SISWANDARI_NPM. 13100001.pdf - Other

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pendidikan adalah suatu hal yang sangat penting. Dalam pendidikan tidak terlepas dengan suatu proses belajar mengajar. Belajar merupakan suatu upaya perubahan tingkah laku individu melalui interaksi dengan lingkungan. Dengan belajar dapat membuat seseorang meningkatkan pengetahuannya atau merubah perilakunya ke arah yang lebih baik. Sedangkan kemampuan-kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik setelah menerima pengalaman belajarnya dapat berupa perubahan perilaku peserta didik dari tidak tahu akan sesuatu menjadi tahu, dari tidak mengerti menjadi mengerti.Rumusan masalah pada penelitian ini adalah adakah pengaruh penggunaan metode diskusi terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMP Negeri 2 Pekalongan? Penelitian ini bertujuan utuk mengetahui adakah pengaruh metode diskusi terhadap hasil belajar peserta didik dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMP Negeri 2 Pekalongan.

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, objek penelitian ini peserta didik kelas VIIIdengan jumlah populasi 233peserta didikyang terdiri dari 7 kelas, dengan menggunakan teknik pengambilan sample nonprobability samplingyakni teknik sampling aksidental/insidental yaitu pengelompokkan atas populasi yang karakteristiknya sama,dimanayang menjadi sampelialah kelas VIII.5 sebagai kelas eksperimen(perlakuan)dan VIII.3 sebagai kelas kontrol, terpilihnya sampel karena karakteristiknya homogen atau sama baik dari pengetahuan maupun sikap, dengan jumlahmasing-masing kelas 30 peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan materi Pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa bani umayyah.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tes untuk memperoleh data hasil belajar peserta didik sesuai topik pembahasan dengan menggunakan metode diskusi, dan dokumentasi untuk memperoleh data terkait dengan data profil sekolah, sejarah berdirinya, guru, karyawan, data peserta didik SMP Negeri 2 Pekalongan serta mengumpulkan data tentang proses belajar mengajar. Adapun analisis yang digunakan oleh peneliti adalah dengan menggunakan rumus uji t atau t-test.Dari hasil anilisis data dapat disimpulkanhasilnya bahwatobserver> ttabel yaitu 0,837>0,677 maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan Hipotesis nol (H0) ditolakartinyadengan menggunakan metode diskusi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 11 Mar 2020 06:50
Last Modified: 11 Mar 2020 06:50
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2943

Actions (login required)

View Item View Item