Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Pemberian Motivasi Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MA Ma’arif 1 Punggur

Mubin, Miftakhul (2018) Pengaruh Pemberian Motivasi Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MA Ma’arif 1 Punggur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi Miftakhul Mubin.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Motivasi guru sangat berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajarsiswa dalam belajar di sekolah. Hal ini merupakan salah satu ciri bahwa proses pendidikan dikatakan tercapai apabila siswa mampu membuktikannya dengan hasil belajaryang cukup baik. Tinggi rendahnya hasilbelajar siswa salah satunya dipengaruhi oleh motivasi guru dalam belajar baik disekolah maupun dirumah.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pemberianmotivasi guruterhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MA Ma’arif 1 Punggur. Adapun yang hipotesis Penulis ajukan dalam penelitian yaitu hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MA Ma’arif 1 Punggur dipengaruhi oleh pemberian motivasi guru.

Metode pengumpul data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Angket Penulis gunakan untuk memperoleh data tentang pemberian motivasi, sedangkan dokumentasi untuk memperoleh data tentang hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam.Teknik analisis data yang digunakan untuk memperoleh validitas instrumen yaitu dengan rumus Product Moment, sedangkan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pemberian motivasi guru terhadap hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam yaitu menggunakan Chi Kuadrat, dan untuk mengetahui besarnya tingkat pengaruh pemberian motivasi guru terhadap hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam yaitu menggunakan Koefisien Kontigensi.

Hasil penarikan angket pemberian motivasi diketahui bahwa 88 responden sebanyak 37 siswa (42,05%) menjawab pemberian motivasi dalam kategori tinggi, 35 siswa (39,77%) dalam kategori sedang dan 16 siswa (18,18) dalam kategori rendah. Sedangkan untuk hasil belajar, 39 siswa (44,32%) dalam kategori baik, 44 siswa (50%) dalam kategori cukup, dan 5 siswa (5,68%) dalam kategori kurang.Berdasarkan analisis data yang Penulis hitung dapat diketahui bahwa ada pengaruh pemberian motivasi guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MA Ma’arif 1 Punggur, oleh karena itu hipotesis yang Penulis ajukan diterima yaitu “hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MA Ma’arif 1 Punggur dipengaruhi oleh pemberian motivasi guru”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 11 Mar 2020 07:53
Last Modified: 11 Mar 2020 07:53
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2947

Actions (login required)

View Item View Item